sign up SIGN UP search


parenting

WHO Perketat Pedoman Masker COVID-19, Bunda Wajib Tahu!

Abu Ubaidillah   |   Haibunda Kamis, 03 Dec 2020 14:56 WIB
Young woman with protective mask and gloves driving a car. Infection prevention and control of epidemic. World pandemic. Stay safe. caption
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memperbaharui pedoman COVID-19 terkait penggunaan masker. Satu poin penting yang perlu Bunda tahu adalah menggunakan masker juga penting dilakukan di ruangan yang memiliki ventilasi buruk.

Dilansir dari detikHealth, beberapa pedoman lainnya yang diperbaharui oleh WHO adalah sebagai berikut.

  • Memakai masker dalam ruangan berventilasi buruk termasuk di rumah (saat menerima tamu)
  • Usia 12 tahun ke atas wajib memakai masker
  • Masker harus tetap digunakan saat ventilasi ruangan baik jika ada risiko tertular Corona, dengan tetap menjaga jarak 1 meter.
  • Tenaga medis tetap dapat menggunakan masker N95
  • Aktivitas fisik berat tak disarankan memakai masker khususnya pengidap asma.

Untuk jenis maskernya, berdasarkan panduan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), masker kain berbahan katun dengan jumlah benang yang tinggi menjadi pilihan terbaik untuk melindungi diri dari virus Corona.

Lalu untuk memastikan masker tersebut efektif, Bunda bisa menggunakan uji cahaya untuk memeriksa tenunan. Bila Bunda bisa dengan mudah melihat garis besar serat saat mengangkat masker ke arah cahaya, kemungkinan masker itu tidak akan efektif.

CDC menyebut beberapa lapisan kain dengan jumlah benang yang lebih tinggi terbukti efektif untuk menangkal COVID-19 dibandingkan masker satu lapisan kain dengan jumlah benang yang lebih rendah.


Masker yang tidak disarankan untuk digunakan ada dua, yakni masker exhaust yang memungkinkan udara di dalam masker yang mungkin saja terdapat virusnya. Masker dengan katup atau ventilasi pernapasan tidak boleh dipakai untuk membantu mencegah orang yang memakai masker menyebarkan COVID-19 ke orang lain.

Masker kedua yang tidak disarankan adalah masker buff. Penelitian dari University of Duke menyebut masker jenis ini menawarkan perlindungan virus Corona yang sangat kecil. Studi menyebut masker yang sering digunakan oleh pengendara motor ini tidak bisa menahan laju droplet ketika berbicara.

Jadi, yuk Bunda perhatikan kembali masker-masker yang digunakan agar sesuai dengan anjuran terbaru WHO. Jangan lupa pula untuk #IngatPesanIbu seperti yang dikampanyekan oleh Satgas COVID-19, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan minimal 20 detik untuk memutus penyebaran virus Corona.

 

[Gambas:Video Haibunda]

 

Banner Gunawan

 

(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!