sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Kenali 3 Gejala dan Faktor Penyebab ISPA pada Anak

Annisa Karnesyia Rabu, 18 Nov 2020 08:02 WIB
This sweet little girl shows the viewer the correct way to sneeze or cough by using the inside of her elbow and not her hands. caption
Jakarta -

Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA umumnya menyerang bayi dan anak-anak. Infeksi ini bisa mengganggu pernapasan normal, Bunda.

Menurut dosen keperawatan Deborah Weatherspoon, Ph.D., R.N., CRNA, ISPA dapat memengaruhi sistem pernapasan bagian atas atau bagian bawah. Pada bagian atas, dimulai dari sinus dan berakhir di pita suara. Sementara bagian bawah dimulai dari pita suara dan berakhir di paru-paru.

"Infeksi ini sangat berbahaya untuk anak-anak, lansia, dan orang dengan gangguan sistem kekebalan," kata Weatherspoon, dilansir Healthline.


Sistem kekebalan anak-anak dan lansia lebih rentan terkena virus. Anak-anak sangat berisiko karena kontak dengan anak lain yang kemungkinan membawa virus.

"Anak-anak seringkali tidak mencuci tangan secara teratur. Mereka juga mungkin sering menggosok mata dan memasukkan jari ke dalam mulut yang menyebabkan penyebaran virus," ujar Weatherspoon.

Lalu apa saja gejala dan faktor penyebab ISPA pada anak? Klik next untuk tahu pemaparannya, Bunda.

Simak juga cara mencegah ISPA pada anak di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi