sign up SIGN UP search


parenting

Selain Vaksin, 4 Hal Ini Juga Bisa Jaga Imunitas Tubuh Si Kecil

Kamis, 19 Nov 2020 18:19 WIB
Family with kids in face mask in shopping mall or airport. Mother and child wear facemask during coronavirus and flu outbreak. Virus and illness protection, hand sanitizer in public crowded place. caption
Jakarta -

Menjaga sistem imun tubuh si kecil selama pandemi menjadi hal penting bagi orang tua. Hal ini mengingat virus dapat dengan mudah menular di mana dan kapan saja, termasuk dari orang terdekat.

Vaksinasi sering sekali disebut sebagai cara paling efektif untuk mencegah virus dan penyakit. Namun di samping itu, Bunda juga bisa meningkatkan dan menjaga imunitas si kecil dengan cara lainnya lho. Melansir Parents, berikut 4 hal yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga imunitas tubuh si kecil.

Beri Nutrisi Bergizi

Nutrisi yang bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan si kecil lho, Bun. Apalagi di masa pandemi saat ini, penting sekali bagi Bunda untuk selalu memperhatikan nutrisi si kecil mulai dari protein, mineral, hingga vitamin.


Beberapa buah-buahan dan sayuran seperti wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi bisa menjadi pilihan untuk asupan nutrisi si kecil. Sebagaimana diketahui, makanan tersebut mengandung karotenoid dan fitonutrien yang dapat menambah kekebalan sistem imun. Selain itu, fitonutrien dapat meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi dan menghalangi virus masuk ke dalam tubuh.

Olahraga Rutin

Bukan hanya orang dewasa, ternyata si kecil juga butuh olahraga lho, Bun. Pasalnya, olahraga bisa meningkatkan jumlah sel pembunuh alami pada orang dewasa dan anak-anak sehingga bisa membuat sistem imun si kecil menjadi kuat. Selama pandemi, Bunda bisa coba ajak si kecil untuk olahraga di rumah dengan cara yang mengasyikkan seperti senam, main bola, bersepeda atau yang lainnya. Nggak cuma bagus untuk sistem imunnya, olahraga juga bermanfaat bagi pertumbuhan otot dan tulangnya juga, Bun.

Istirahat Cukup

Setelah beraktivitas seharian, pastikan si kecil mendapatkan istirahat yang cukup ya, Bunda. Hal ini mengingat kurang istirahat dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit dengan mengurangi sel pembunuh alami. Padahal, sel ini sangat penting sebagai sistem kekebalan yang bisa menyerang mikroba dan sel kanker. Bicara soal waktu istirahat, bayi pada umumnya membutuhkan waktu tidur hingga 16 jam sehari dan balita membutuhkan 11-14 jam. Sementara itu untuk anak-anak usia prasekolah membutuhkan waktu istirahat sebanyak 10-13 jam.

Jaga Kebersihan

Salah satu kunci untuk menjaga sistem imun adalah dengan menjaga kebersihan, salah satunya rutin mencuci tangan. Meskipun terkesan sepele, siapa sangka kalau menjaga kebersihan dari kuman dan bakteri bisa mengurangi stres pada sistem imun dalam tubuh lho, Bun. Jadi, Bunda harus pastikan untuk menjaga kebersihan benda-benda di sekitar Bunda. Jangan lupa juga untuk ingatkan si kecil agar rutin cuci tangan dan membersihkan diri sebelum dan sesudah beraktivitas.

Nah, itu dia 4 hal yang juga bisa bantu menjaga imunitas tubuh si kecil. Selain keempat hal tersebut, Bunda juga perlu selalu #IngatPesanIbu untuk menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan rajin #cucitanganpakaisabun seperti yang terus dikampanyekan #satgascovid19. Selain bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 di masyarakat.

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi