sign up SIGN UP search


parenting

4 Makanan Enak buat Si Kecil untuk Jaga Daya Tahan Tubuhnya

Abu Ubaidillah Selasa, 17 Nov 2020 20:27 WIB
Mother feeding child vegetables. Mom feeds kid in white kitchen with window. Baby boy sitting in high chair eating healthy lunch of steamed carrot and broccoli. Nutrition, vegetarian diet for toddler caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, Bunda harus selalu memperhatikan kesehatan si kecil. Tubuh yang sehat didapatkan dari imunitas atau daya tahan tubuh yang kuat. Imunitas yang baik berperan penting untuk melawan berbagai penyakit, apalagi saat ini telah memasuki musim hujan diperparah dengan kondisi pandemi COVID-19.

"Imunitas ini adalah bentuk ketahanan tubuh terhadap penyakit. Imun manusia ini merupakan sistem yang cukup kompleks dan kondisi jiwa yang bahagia punya potensi untuk menurunkan stres yang ada pada tubuh," kata Prof. Wiku seperti dilansir dari detikHealth, Selasa (17/11/2020).

Nah untuk menjaga imunitas si kecil, Bunda bisa melakukan cara cerdas dengan memberikan makanan-makanan yang bernutrisi dan memiliki rasa yang enak serta disukai anak-anak, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Telur dan Daging

Kuning telur mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Sedangkan daging (tanpa lemak) dan daging unggas memiliki kadar zinc dan mineral yang cukup tinggi. Keduanya bermanfaat untuk meningkatkan kadar sel darah putih yang bisa memerangi infeksi.

2. Wortel

Khasiat sayuran yang mengandung beta karoten ini bisa meningkatkan penglihatan. Selain itu, beta karoten juga baik untuk melindungi lapisan yang membungkus organ pernapasan dan pencernaan. Bakteri penyebab penyakit pun bisa sulit masuk ke dalam tubuh si kecil. Dengan warnanya yang oranye kemerahan, makanan ini menjadi salah satu favorit si kecil.

3. Ikan

Ikan membantu meningkatkan sistem imun dan juga merupakan sumber makanan yang baik bagi otak. Kandungan asam lemak omega 3 baik, untuk meningkatkan jumlah sel dalam tubuh. Ikan berlemak seperti salmon dan tuna bisa dikonsumsi kecil. Bunda juga bisa mengolahnya menjadi bubur atau goreng dengan tepung supaya si kecil tertarik.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga baik untuk si kecil. Kacang-kacangan kaya akan protein, mineral, dan vitamin. Selain itu ada pula antioksidan seperti asam lemak omega, zinc, dan vitamin E. Bunda bisa memberikan aneka kacang-kacangan seperti pistasio, walnut, dan raisin sebagai snack sehat si kecil.

Itulah beberapa makanan enak yang disukai si kecil yang bisa bantu jaga daya tahan tubuhnya. Selain menjaga daya tahan tubuh, penting pula bagi si kecil untuk menerapkan 3M. Nah, 3M terdiri dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin seperti kampanye #IngatPesanIbu oleh Satgas COVID-19.


(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi