sign up SIGN UP search


parenting

13 Makanan yang Dipercaya Bisa Bantu Anak Tumbuh Tinggi

Sabtu, 21 Nov 2020 21:04 WIB
Image of Happy Young Asian mother use kitchen knife cut an orange to pieces with her daughter in living room. caption
Jakarta -

Jakarta - Banyak orang tua ingin anaknya tumbuh tinggi, sehingga berbagai cara pun dilakukan untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Ya, tak bisa dipungkiri ya, Bunda, kalau postur tinggi badan akan memengaruhi kepercayaan dirinya.

Tinggi badan anak sering dikaitkan dengan faktor genetik atau keturunan. Tapi ternyata, makanan juga bisa memengaruhi tinggi badan di masa pertumbuhan. Makanan apa saja yang bisa membantu anak tumbuh tinggi?

"Tinggi badan tidak semata-mata didasarkan pada genetika, sebagaimana dibuktikan oleh kembar identik yang terkadang memiliki tinggi berbeda," kata professor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt, Dr. Joseph Gigante, dikutip dari laman Mom.


Dokter anak sekaligus anggota American Academy of Pediatrics (AAP), Vincent Iannelli, MD, mengatakan bahwa apabila orang tua ingin memperkirakan tinggi badan anak dengan metode dua tahun kali dua harus menunggu sampai si kecil berusia 2 tahun. Iannelli mengatakan, cara memprediksi dengan metode ini yaitu dengan mengalikan dua tinggi anak ketika berusia dua tahun.

"Metode ini telah digunakan dalam waktu lama, meski belum ada penelitian yang mendukung akurasinya. AAP menunjukkan, anak perempuan berkembang lebih cepat daripada anak laki-laki," kata Iannelli dilansir Very Well Family.

Dalam Parenting First Cry, Megha Mukjija yang merupakan ahli nutrisi juga menjelaskan tiga faktor penentu terpenting untuk tinggi badan adalah gen, pola makan, dan gaya hidup.

"Anda tidak dapat mengubah susunan genetik yang telah Anda wariskan kepada anak-anak Anda, tetapi Anda dapat melakukan sesuatu untuk memastikan dua faktor lainnya berpengaruh, bahwa anak Anda memiliki pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk mendukung pertumbuhannya," ujar Mukhija.

Menurutnya, gizi yang tidak memadai dapat menghambat pertumbuhan seorang anak, tidak peduli seberapa kuat gennya. Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa makanan bisa memungkinkan anak-anak tumbuh setinggi maksimal, yang mungkin melebihi tinggi yang ditentukan secara genetik, apabila diet yang direkomendasikan untuk menambah tinggi badan pada anak-anak diikuti.

"Ini mungkin tidak membuat perbedaan dramatis tetapi dapat meningkatkan tinggi anak yang telah ditentukan beberapa inci," sambung Mukhija.

Lantas, makanan apa saja yang bisa membantu anak tumbuh tinggi secara alami? Untuk lebih jelasnya, kata Mukhija, beberapa nutrisi di dalam makanan ini penting untuk mencapai tinggi badan optimal.

Nah, Bunda tertarik untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa mendukung tinggi anak?

Klik NEXT untuk mengetahuinya yuk!

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Bunda, simak juga yuk apakah berenang bisa membuat anak tumbuh tinggi. Klik video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi