sign up SIGN UP search


parenting

Fakta Manfaat Susu untuk Naikkan Berat Badan & Tingkatkan Kecerdasan Anak

Kamis, 19 Nov 2020 08:10 WIB
Caucasian toddler girl is drinking milk in studio. caption
Jakarta -

Setiap orang tua tentu ingin anaknya tumbuh maksimal. Baik itu yang menyangkut berat badan ideal hingga kecerdasan sang anak di masa datang.

Berbicara mengenai hal ini, erat kaitannya dengan pemberian susu tambahan atau susu formula. Banyak susu dipromosikan dengan formulasi untuk membantu mendongkrak berat badan, bantu tumbuh lebih tinggi, hingga meningkatkan kecerdasan anak. Mitos atau fakta?

Perlu dipahami lebih dulu bahwa susu formula di bawah satu tahun diformulasikan merujuk ke air susu ibu (ASI). Kandungan serta keamanannya telah dituangkan dalam panduan bernama Codex Alimentarius, sesuai regulasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Pangan Dunia (FAO).


Meski begitu, kandungan susu formula tidak sama persis dengan ASI. Sebab, teknologi pangan belum bisa membuat susu formula mirip dengan ASI ya, Bunda.

Manfaat susu untuk pertumbuhan

Manfaat utama susu harus dilihat dari kandungan zat makronutrien dan mikronutrien di dalamnya. Makronutrien bisa didapat tanpa perlu mengandalkan konsumsi susu. Kandungannya bisa dipenuhi dari makanan anak sehari-hari yang berasal dari sumber alami.

Sementara mikronutrien lebih relevan jika dikaitkan dengan manfaat susu. Dalam ASI, kandungan mikronutrien seperti kalsium lebih tinggi dibandingkan sumber kalsium di makanan seperti buah, sayur, dan protein hewani (ikan dan daging).

Orang tua umumnya mengharapkan kandungan kalsium untuk anaknya. Untuk itu, mereka beralih ke susu formula untuk menunjang pertumbuhan anaknya.

Pada kasus tertentu, asupan kalsium dari susu formula bisa diberikan jika belum adekuat atau cukup. Seperti kita tahu, kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang.

Meski begitu, orang tua harus ingat jika susu bukan produk yang istimewa, unggul, dan spesial. Anak tak wajib minum susu hanya untuk pertumbuhannya. Susu formula bisa digunakan sebagai suplementasi untuk memenuhi kebutuhan.

Namun, benarkah ada susu tambahan atau susu formula yang bantu meningkatkan kecerdasan anak, terutama yang mengandung AHA dan DHA? Nah, untuk lebih jelasnya baca ulasan di halaman selanjutnya. Klik NEXT yuk!

Bunda, simak juga yuk kandungan susu sapi yang bagus untuk anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi