sign up SIGN UP search


parenting

Perhatikan Bun, Ini Syarat Anak Boleh Lepas Masker Ketika Olahraga

Siti Hafadzoh Jumat, 20 Nov 2020 18:24 WIB
Kid doing fitness exercises outdoors at summer day. Yoga for kids, active healthy life. Fitness. Sport for little children. caption
Jakarta -

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga wajib pakai masker lho di tengah pandemi corona. Anak-anak wajib mengenakan masker supaya tidak tertular atau menularkan virus ke orang lain.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan agar anak-anak tetap pakai masker saat berada di ruang publik. Termasuk tempat bermain.

Namun, anak boleh kok tidak mengenakan masker kalau dalam kondisi tertentu. Di kondisi seperti apa anak boleh melepas masker?


Dilansir www.covid19.go.id, berikut kondisi anak yang diperbolehkan melepas masker:

1. Anak yang belum berusia lebih dari 5 tahun. Demi keselamatan, anak di bawah usia 5 tahun boleh tidak pakai masker karena belum bisa menggunakannya dengan benar.

2. Saat berada di rumah dan tidak bergejala COVID-19 atau tidak ada pasien corona di dalam rumah.

3. Anak dengan kondisi atau kebutuhan khusus untuk melihat mulut anak. Dalam kasus ini, masker bisa diganti dengan faceshield, tergantung penilaian dari orang tua atau tenaga kesehatan.

Namun, anak-anak di atas usia 5 tahun dan dalam kondisi normal boleh kok melepas masker ketika melakukan aktivitas fisik. Saat berolahraga, masker harus dilepas supaya pernapasannya tidak terganggu.

Tapi, tidak boleh sembarang melepas masker ya. Ada beberapa syaratnya nih. Berikut syarat anak boleh melepas masker saat berolahraga:

1. Rutin cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

2. Jumlah anak yang beraktivitas bersama harus dibatasi.

3. Menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain.

Selalu ingatkan anak untuk #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun agar keluarga tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

Ikuti cara sosialisasi COVID-19 kepada anak lewat dongeng berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

Chow Yun Fat dan istri

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi