sign up SIGN UP search


trending

4 Anjuran Dokter untuk Menjaga Kesehatan Anak Selama Pandemi COVID-19

Annisa Afani Jumat, 20 Nov 2020 13:49 WIB
Little children wearing pollution masks at home. Two toddler kids are wearing masks while baby is crying and it’s hard to put mask on her face. caption
Jakarta -

Hingga hari ini, pandemi COVID-19 atau Corona masih mewabah di dunia, sehingga mengharuskan seluruh masyarakat tetap dalam upaya untuk menjaga kesehatan. Apalagi, kini Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa virus ini bisa menular melalui udara di dalam ruangan dengan ventilasi buruk.

Dengan situasi serta kondisi yang dihadapi tersebut, kita perlu ekstra ketat menjaga kesehatan keluarga, khususnya si kecil. Seperti yang HaiBunda lansir dari laman covid.go.id, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan empat anjuran yang perlu Bunda lakukan guna menjaga kesehatan si kecil selama pandemi, yakni:

1. Pastikan anak berada di rumah

Ada baiknya selama pandemi, Bunda memastikan si kecil tetap berada di dalam rumah. Karena jika anak sering berada di luar rumah, bisa berisiko tertular virus dari siapa pun, apalagi jika Bunda dan keluarga tinggal di daerah atau lingkungan dengan zona merah atau oranye.


2. Menjaga kebersihan

Menjaga si kecil tetap berada di rumah enggak cukup untuk melindunginya dari penularan virus, apalagi jika salah satu anggota keluarga sering beraktivitas di luar rumah, dan berinteraksi dengan banyak orang. Oleh karenanya, penting untuk selalu membersihkan diri terlebih dahulu saat pulang sebelum melakukan kontak dengan anak.

3. Hindari tempat ramai

Untuk mengatasi rasa bosan selama di rumah saja, sesekali Bunda boleh mengajak si kecil untuk keluar rumah. Akan tetapi, Bunda perlu memilih tempat yang tepat, dan menghindari lokasi yang ramai dikunjungi orang banyak seperti pusat perbelanjaan, tempat kursus, penitipan anak, dan lainnya karena berisiko tinggi menularkan virus.

4. Disiplin protokol kesehatan saat di luar rumah

Meskipun dianjurkan untuk beraktivitas di rumah saja, Bunda tetap diperbolehkan membawa si kecil dalam keadaan mendesak. Meski begitu, Bunda tetap harus disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan face shield, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sesering mungkin, serta menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain.

Selain itu, penting untuk memastikan si kecil selalu didampingi pengasuh atau orang tua, dan menghindarinya dari orang yang sedang sakit. Sehingga anak terhindar dari infeksi virus, dan penyakit yang mengancam.

Ingat ya, selama pandemi Corona ini belum berakhir, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan. Oleh karena itu, selalu #IngatPesanIbu untuk ikut putuskan rantai penularan COVID-19 seperti yang dikampanyekan #SatgasCOVID19 dengan #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Bunda, simak juga tips menjelaskan bahaya Covid-19 pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi