sign up SIGN UP search

parenting

Manfaat Beri Anak Sarapan dengan Makanan Berbahan Gandum

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 23 Nov 2020 12:18 WIB
Kandungan Serealia Utuh
Anak makan caption

Dalam serealia utuh seperti gandum utuh yang belum diolah, terdapat sumber nutrisi yang dibutuhkan anak. Salah satunya adalah karbohidrat kompleks yang ada di setiap lapisan gandum.

Pada lapisan luar (bran), ada serat, vitamin-vitamin B, trace minerals, dan fitokimia. Sementara di lapisan dalam, ada karbohidrat, protein, dan vitamin B. Di bagian inti gandum utuh juga terdapat vitamin B, E, trace minerals, fitokimia, dan antioksidan.

Menurut Rita, konsumsi gandum utuh bisa diberikan sebagai menu sarapan anak di pagi hari. Kandungan dalam makanan ini bisa menambah energi agar anak fokus menjalankan aktivitas, Bunda.


Lalu seberapa banyak anak boleh makan gandum utuh ini dalam sehari?

Konsumsi serealia utuh adalah 48 gram sehari sesuai dengan rekomendasi US. Kebutuhan ini setara dengan 3 sajian per hari.

"Lengkap dengan mikronutrien, 48 gram atau 3 sajian per hari untuk menjamin pemenuhan gizi anak," ujar Rita.

Sereal gandum utuh bisa divariasikan dengan makanan lain dalam porsi makan anak. Bunda bisa menambahkan protein dari susu atau buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Dilansir Very Well Family, berikut bentuk gandum utuh lain yang bisa dikonsumsi anak:

1.Oatmeal

Tak cuma kaya vitamin dan mineral, oatmeal umumnya bebas gluten. Oatmeal adalah jenis gandum utuh yang kaya akan serat untuk kesehatan sistem cerna.

2. Roti gandum

Roti gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat anak kenyang lebih lama. Selain bisa menambah energi, roti gandum mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan. Sistem cerna yang sehat bisa meningkatkan sistem imun anak, Bunda.

3. Pasta gandum

Pasta gandum utuh lebih sehat dibanding pasta biasa. Pasta jenis ini mengandung nurisi seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, zat besi, seng, dan magnesium.

Kandungan pasta gandum utuh masih lengkap dengan nutrisi. Sementara pasta yang terbuat dari karbohidrat olahan telah kehilangan nutrisi selama proses pengolahannya.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!