sign up SIGN UP search


parenting

Aktivitas Mudah untuk Membuat Anak Gembira Selama di Rumah Aja

Annisa Karnesyia Minggu, 22 Nov 2020 11:05 WIB
Thailand, head, care, proud, love emotion, concentration, care, boy, son, mother, activity caption
Jakarta -

Selama di rumah aja, banyak orang tua mengeluh kesulitan menghadapi anaknya yang aktif. Beberapa orang tua bahkan sampai stres memikirkan cara membuat anak-anaknya selalu bahagia dan tak mudah bosan, Bunda.

Menghadapi kondisi ini memang tak mudah. Orang tua dituntut untuk bisa mendampingi dan memberi edukasi yang baik untuk anaknya selama di rumah saja.

Praktisi Keluarga dan Anak, Dr. Seto Mulyadi, M.Psi, mengatakan bahwa orang tua perlu memiliki kemampuan beradaptasi di masa pandemi ini. Ayah dan Bunda harus berani merubah keadaan demi buah hatinya.


"Kita harus menyadari setiap orang punya kemampuan beradaptasi atau menyesuaikan diri. Situasi berubah, maka orang tua harus berani berubah menjadi lebih tenang, sabar, gembira, kreatif, dan penuh rasa syukur," kata pria yang akrab disapa Kak Seto ini, dalam YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, banyak aktivitas menarik bisa dilakukan orang tua bersama anaknya di rumah. Membuat anak tetap gembira bisa dengan membangun rasa percaya diri mereka.

Bunda bisa menggali bakat dan potensi si kecil ya. Cara ini bisa meningkatkan kreativitas anak dan membuatnya selalu gembira.

"Jadi anak ditumbuhkan rasa percaya diri karena ada apresiasi dari lingkungan keluarga.Tapi kalau anak terus digiring ke ranah akademi, lama-lama anak frustrasi," ujar Kak Seto.

"Jadi, hargai mereka karena setiap anak itu unik, otentik, dan tidak terbandingkan," sambungnya.

Aktivitas anak sebaiknya disesuaikan dengan usianya ya. Bagi anak yang masih kecil, Bunda bisa mengajak bernyanyi bersama atau mendongeng. Untuk membuatnya paham dengan situasi pandemi, kita bisa bercerita dengan gambar-gambar. Setiap gambar dapat menjelaskan tentang bahaya COVID-19.

"Dengan gambar-gambar, kita bisa menyadarkan mereka tentang bahaya COVID-19," ucap Kak Seto.

Lalu bagaimana untuk anak yang usianya lebih besar? Bagaimana cara membuat mereka tetap gembira selama di rumah saja? Klik NEXT yuk.

Simak juga cara sosialisasi COVID-19 pada anak dengan dongeng, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi