sign up SIGN UP search


parenting

Ekstrakurikuler Bisa Tingkatkan Nilai Akademik Anak? Ini Kata Ahli

Muhayati Faridatun Kamis, 19 Nov 2020 19:50 WIB
Girl showing her mom new games on her tablet. Sitting at table, taking a break from doing homework. Ilustrasi ekstrakurikuler tingkatkan nilai akademik anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Nebojsa93
Jakarta -

Anak-anak biasanya memilih kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan hobi dan minat yang dimiliki. Tapi, orang tua kadang khawatir, kegiatan di luar jam sekolah ini justru mengganggu nilai akademik Si Kecil.

Saat masuk SD pada 2019 lalu, anak pertama Bubun ikut kegiatan ekstrakurikuler panahan. Sebenarnya ini bukan keinginan Si Kakak sepenuhnya, tapi Bubun pilih ekskul ini supaya dia lebih fokus saat belajar.

Karena setelah Bubun cari tahu, salah satu manfaat rutin latihan panahan yakni anak makin fokus dan disiplin. Dikutip dari Archery360, rutin berolahraga panahan juga bisa membangun kepercayaan diri dan kesadaran diri anak, baik di dalam maupun luar kelas.


Tapi, Bubun enggak memaksa Si Kakak harus ikut latihan panahan. Di hari pertama latihan, ternyata dia enjoy banget meskipun teman sekelasnya enggak banyak yang ikut. Si Kakak senang karena makin banyak teman yang dikenal.

Ini juga salah satu cara Bubun mengenali minat dan bakat anak. Seperti dikatakan Principal of Sekolah Inklusi Cikal, Husnul Chotimah, S.Psi., seiring bertambahnya usia, anak tumbuh dan berkembang dengan cara belajar dari lingkungan yang membentuknya.

"Peran orang tua sebagai support system anak adalah membantu proses tumbuh kembang agar kemudian, anak bisa belajar memahami konsep sederhana dari kegiatan rutinnya dan juga mengenali minat dan bakat anak," tutur Husnul, dalam Kuliah WhatsApp HaiBunda: Tips Deteksi Bakat Anak, Rabu (18/11/2020) malam.

Ia juga mengingatkan, minat dan bakat anak nantinya akan jadi life skill, yakni kemampuan khusus untuk bisa bertahan hidup dan berhasil. Ini juga sebagai bekal yang sangat bermanfaat hingga anak-anak tumbuh dewasa.

Lalu, bagaimana agar kegiatan ekstrakurikuler tetap mendukung nilai akademik anak? Klik NEXT yuk untuk baca selengkapnya.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga, Bunda, tantangan Siti KDI membesarkan anak dengan budaya Indonesia dan Turki, negara asal sang suami. Di video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi