sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Yuk Bantu Si Kecil Atasi Stres Saat Pandemi dengan 5 Hal Ini

Sabtu, 21 Nov 2020 20:02 WIB
Anak stres caption
Jakarta -

Sejak mewabah di Indonesia, pandemi COVID-19 tak jarang membuat resah dan stres banyak orang, tanpa kecuali anak-anak. Pasalnya, berbulan-bulan di rumah tentu membuat ia menjadi khawatir, kesal, bingung, atau sedih selama pandemi COVID-19.

Sebagai orang tua, Bunda perlu meredakan rasa stress si kecil dengan cara yang tepat. Mengingat jika dibiarkan begitu saja, hal ini bisa berdampak terhadap kesehatan mentalnya.

Melansir covid.go.id, berikut 5 hal yang bisa Bunda lakukan untuk hadapi si kecil yang mulai stres saat pandemi.


1. Dengarkan curhatnya

Guna mengatasi rasa stress pada si kecil, cobalah Bunda dengarkan curahan hati si kecil. Tanyakan kepadanya tentang yang ia rasakan saat ini. Selama mendengarkan curhatannya, Bunda harus bisa memposisikan diri sebagai teman si kecil. Dengan begitu, ia bisa lebih leluasa untuk menyampaikan perasaannya.

2. Beri hiburan

Sama seperti orang dewasa, si kecil juga butuh hiburan tersendiri saat mengalami stres lho, Bunda. Cobalah ajak si kecil untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bermain games, memasak bersama, berkebun, atau melakukan hobi kesukaannya. Bunda juga bisa menghiburnya dengan memberikan reward kecil seperti hadiah mainan, coklat, atau makanan favorit lainnya.

3. Biarkan si kecil bermain

Anak-anak pada umumnya sangat aktif bermain dan bersosialisasi. Namun, pandemi COVID-19 secara tak langsung membatasi kedua aktivitas ini. Meskipun saat ini segalanya serba terbatas, Bunda tak boleh kehabisan akal.

Saat ini, ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan agar ia tetap bisa bermain yakni secara virtual. Bunda juga bisa lho menjadi teman si kecil selama pandemi dengan mengajaknya bermain bersama.

4. Buat rutinitas baru

Selama di rumah aja, si kecil cenderung melakukan aktivitas yang sama setiap harinya. Bisa jadi inilah yang memicu rasa bosan hingga akhirnya ia mengalami stres.

Oleh karena itu, Bunda perlu buat rutinitas baru untuk dirinya mulai dari cara belajar yang baru, bermain hal yang baru, dan lainnya. Agar ia tak bosan, pastikan rutinitas sehari-hari yang baru menjadi lebih mengasyikkan.

5. Ceritakan soal Pandemi

Menjelaskan dengan sederhana terkait kondisi yang sedang terjadi juga dapat membantu si kecil untuk memahami situasi saat ini lho. Bun. Namun, pastikan Bunda menceritakannya dengan bahasa dan kata-kata yang mudah ya. Agar si kecil lebih paham, Bunda juga bisa memanfaatkan beberapa hal seperti lagu, games, video animasi, hingga dongeng saat menceritakan situasi pandemi ke si kecil.

Nah, itulah kelima hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi stres pada si kecil. Selain itu, jangan lupa selalu ingatkan ia untuk disiplin protokol kesehatan ya Bun. Pasalnya, daya tahan tubuh dan daya tahan mental harus seimbang agar tetap bisa sehat selama pandemi.

Mari selalu #IngatPesanIbu atau #ingatpesanbunda untuk disiplin 3M dengan cara #memakaimasker, #mencucitangan, dan #menjagajarak. Dengan begitu, Bunda dan keluarga bisa terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Bunda bisa simak tips aman berolahraga saat pandemi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi