sign up SIGN UP search


parenting

Mainan Anak Juga Perlu Dibersihkan Agar Bebas Corona, Ini Caranya Bun

Jujuk Ernawati Jumat, 18 Dec 2020 17:34 WIB
Mother spending time with her daughter playing with toys caption
Jakarta -

Selama pandemi Corona atau COVID-19, kita semua harus selalu waspada dan ketat dalam menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus ya, Bunda. Meski Bunda mungkin hanya di rumah saja, namun harus selalu waspada ya.

Terpenting, anak-anak, terutama balita harus mendapat perhatian ekstra karena mereka belum memiliki kewaspadaan seperti orang dewasa. Bunda bisa memberikan penjelasan dengan cara yang mudah dipahami dan menyenangkan tentang kondisi saat ini.

Selain itu, Bunda juga harus melakukan beberapa tindakan pencegahan. Salah satunya, membersihkan mainan si kecil, yang berpotensi menjadi salah satu media penularan virus, Bunda.


Dikutip dari laman covid19.go.id, sebaiknya Bunda membicarakan kepada anak bahwa virus bisa bertahan pada permukaan benda dalam waktu tertentu, termasuk mainan. Karena itu, minta dan ajari si kecil untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum maupun setelah bermain.

Selain itu, libatkan anak untuk membersihkan mainannya tapi lakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti memintanya menghitung mainan yang berhasil dikumpulkan dalam satu keranjang. Setelah itu, ajak mereka untuk mencuci mainan yang terbuat dari bahan plastik keras atau yang bisa dicuci.

Caranya, cuci mainan dengan air hangat dan sabun, kemudian sikat mainan anak secara menyeluruh. Setelah itu, bilas mainan dengan air mengalir.

Bunda bisa melanjutkan dengan merendam mainan di larutan disinfektan selama 20-30 detik. Ulangi bilang dengan air mengalir. Kemudian biarkan mainan kering. Setelah mainan kering, simpan dalam wadah yang bersih, ya.

Oia Bunda, mainan perlu dibersihkan menggunakan disinfektan yang disarankan, seperti pembersih untuk rumah tangga atau yang alkohol dengan kadar 70 persen. Disinfektan juga bisa dibuat sendiri lho, caranya pun mudah Bunda.

Bagaimana membuat disinfektan? Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA yuk untuk mengetahui caranya.

Bunda bisa simak tips menggunakan masker pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner tanaman hias tropis



Cara membuat disinfektan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi