sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Hias Tropis yang Unik, Cocok Ditaruh Dalam Ruangan

Siti Hafadzoh Selasa, 01 Sep 2020 05:00 WIB
House plant next to a window, in a beautifully designed interior. caption
Jakarta -

Tanaman hias tropis sangat cocok untuk ditanam di Indonesia karena iklimnya sesuai. Nah, beberapa tanaman hias tropis ini cocok untuk di dalam ruangan lho.

Beberapa tanaman hias tropis punya bentuk yang unik dan corak yang cantik. Makanya, sangat tepat untuk menjadi tanaman hias indoor.

Dilansir The Spruce, ini 5 tanaman hias tropis untuk di dalam ruangan:


1. Kuping gajah

Sesuai namanya, tanaman hias yang satu ini bentuk daunnya mirip kuping gajah, Bunda. Daun kuping gajah berwarna hijau tua, ada juga yang memiliki corak putih.

Nah, salah satu jenis tanaman hias kuping gajah yang cocok untuk indoor adalah alocasia amazonica. Ukuran tanamannya terbilang kecil dan ada coraknya.

Cara merawat tanaman hias kuping gajah cukup mudah kok, Bunda. Apalagi ini adalah tanaman tropis, jadi sangat cocok dengan iklim di Indonesia.

Mengutip Gardening Know How, tanaman hias indoor ini hanya butuh sedikit perhatian. Cukup disiram secara rutin.

2. Anthurium

Bunda ingin tanaman hias indoor tropis yang berbunga? Nah, anthurium bisa menjadi pilihannya nih.

Tanaman hias anthurium memiliki bunga berwarna cerah. Misalnya, merah dan pink. Merawat anthurium memang cukup menantang nih, Bunda.

Tanaman ini membutuhkan tanah yang subur dan gembur. Akar tanaman anthurium juga tidak boleh terlalu lembap.

Mengutip The Sill, tanaman hias anthurium membutuhkan cahaya matahari tidak langsung. Bunda perlu sering menyiram anthurium kalau disimpan di tempat yang cerah.

House plant next to a window, in a beautifully designed interior.Tanaman hias bromelia/ Foto: iStock

3. Bromelia

Bromelia memiliki bentuk yang tak biasa. Ini menunjukkan bahwa tanaman bromelia membutuhkan perawatan dan keterampilan berkebun yang khusus.

Tanaman hias bromelia cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan lho. Bromelia membutuhkan cahaya yang terang meski di dalam ruangan.

Bunda yang baru mulai berkebun harus tahu bahwa tanaman hias ini tidak membutuhkan pot yang dalam dan media tanam yang padat. Tanaman hias indoor bromelia bisa tumbuh dengan baik di media tanam untuk anggrek.

Namun, tanaman ini tidak membutuhkan pupuk khusus kok. Beri saja pupuk biasa setiap bulan di musim tanam.

4. Beringin putih

Beringin putih atau Ficus benjamina merupakan salah satu tanaman hias tropis yang cocok untuk di dalam ruangan. Tanaman ini cukup berbeda dari beringin lain lho.

Beringin putih memiliki corak daun yang berbeda, Bunda. Daun beringin ini berwarna hijau dengan corak putih.

Beringin putih tumbuh dengan mudah di dalam ruangan. Kalau daunnya rontok, berarti beringin mengalami masalah hama.

Nah, tanaman hias yang satu ini membutuhkan cahaya matahari yang cerah tapi tidak langsung. Pastikan juga agar tanaman tetap lembap ya supaya daunnya tidak rontok.

5. Peace lily

Tanaman hias tropis selanjutnya adalah peace lily. Tanaman ini memiliki bunga yang cantik berwarna putih, Bunda.

Peace lily dapat membuat ruangan di rumah Bunda menjadi lebih cerah. Sebagian besar tanaman hias peace lily memiliki daun berwarna hijau tua.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan dalam merawat peace lily adalah terlalu sering menyiram. Tanaman hias indoor ini lebih bisa hidup kalau jarang disiram dibandingkan terlalu sering.

Sebaiknya, jangan mengikuti jadwal rutin untuk menyiram peace lily. Tanaman perlu disiram hanya kalau tanahnya terasa kering.

Lihat tanaman hias termahal di dunia di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi