sign up SIGN UP search


parenting

10 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Anak Sekolah dari SD hingga SMA

Annisa Karnesyia Selasa, 31 Aug 2021 13:48 WIB
Belajar di rumah caption
Jakarta -

Selama masa pandemi ini, Si Kecil tetap bisa mendapatkan materi pembelajaran sesuai jenjang pendidikannya ya. Selain dari sekolah, anak bisa mendapatkan materi ini dari aplikasi belajar online, Bunda.

Beberapa aplikasi ada yang menyediakan layanan gratis dengan fitur menarik lho. Ada pula yang dibuat khusus oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum 10 aplikasi belajar online gratis untuk anak sekolah dari SD hingga SMA:


1. Rumah Belajar

Rumah Belajar dibuat oleh pemerintah untuk mendukung kelancaran belajar online selama masa pandemi ini, Bunda. Layanan di Rumah Belajar gratis untuk siswa PAUD hingga SMA, Bunda.

"Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru PAUD, SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis," demikian penjelasan di situs belajar.kemdikbud.go.id.

Ada beberapa fitur belajar yang bisa diakses, yakni kelas maya, sumber belajar, bank soal, dan laboratorium maya. Fitur kumpulan soal dan materi dikelompokkan berdasarkan topik ajar, sehingga Bunda mudah mencari bahan pembelajaran untuk anak. Untuk menikmati fitur-fitur ini, Bunda cukup mendaftar (log in) di website.

2. Meja Kita

Meja Kita merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh sekumpulan pelajar, Bunda. Dalam situs resminya dijelaskan bahwa Meja Kita digunakan di 316 kota di seluruh Indonesia.

Meja kita memiliki beberapa fitur belajar yang bisa dimanfaatkan buah hati nih. Ada fitur Diskusi PR, Tryout, UTBK, SBMPTN, Belajar Bersama, dan Rumus. Selain itu, ada juga beberapa materi belajar untuk anak SD hingga SMA/SMK dengan tema yang beragam.

Dalam materi belajar ini, anak bisa mendapatkan penjelasan lengkap tentang tema tertentu. Di dalamnya juga berisi latihan soal berserta kunci jawaban untuk mengasah kemampuan anak.

3. Media Belajar Online (MBO)

Media Belajar Online (MBO) adalah aplikasi belajar yang bisa diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini dibuat untuk membantu guru dan siswa dalam memperoleh buku dan media pembelajaran, Bunda.

Melalui aplikasi ini, guru dan siswa diharapkan bisa memperoleh media pembelajaran berupa video dan buku. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu pembelajaran secara darling (e-learning).

4. ICANDO

ICANDO adalah aplikasi belajar anak mitra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Aplikasi ini diciptakan dengan tujuan menjadikan anak sebagai aktor utama dalam proses pembelajaran.

Dikutip dari situs resminya, ICANDO terdiri dari ahli kurikulum, tenaga pengajar, serta para pemikir dan kreator kreatif yang berkolaborasi untuk menghasilkan pembelajaran berbasis digital terbaik. Aplikasi ini cocok untuk anak berusia 0 sampai 6 tahun.

Ada fitur ICANDO anak, sekolah, dan orang tua. Ada tema pembelajaran menarik untuk mendukung anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Selain materi belajar, ada pula game digital edukasi yang bisa mengasah kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan kreatif Si Kecil.

Belajar di rumahBelajar di rumah/ Foto: iStock

5. Kipin School 4.0

Aplikasi Kipin School 4.0 bisa diunduh di Google Play Store untuk Android, App Store untuk IOS, dan Windows Store. Kipin School 4.0 bisa digunakan di smartphone dan komputer, Bunda.

Aplikasi yang dibuat untuk siswa tingkat SD,SMP,SMA dan SMK ini, berisi pustaka pembelajaran lengkap dan sistem ujian yang ditujukan untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Anak bisa mengunduh beragam materi pelajaran seperti 2500+ Buku Pelajaran Sekolah (terbitan Kemdikbud), 1500+ Video Pendidikan, 25.000+ Soal Latihan Tryout, dan 200+ Komik Literasi untuk seluruh tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

"Kipin School 4.0' juga difasilitasi dengan fitur "Download & Go" dimana konten data yang sudah diunduh dapat digunakan tanpa perlu jaringan internet lagi," demikian dikutip dari situs resminya.

6. Kelas Pintar

Kelas Pintar dapat diakses di website resminya. Selain ada fitur berbayar, Kelas Pintar juga menyediakan layanan gratis untuk belajar.

Untuk mendapatkan layanan ini, Bunda bisa mendaftarkan anak sebagai murid. Nah, orang tua juga bisa mendaftar ke situs ini untuk memantau perkembangan belajar anaknya.

Di Kelas Pintar, ada beragam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan anak, seperti latihan soal, tanya jawab, dan belajar bareng guru pendamping. Materi pembelajaran juga tersedia dalam berbagai variasi, seperti animasi pelajaran Kelas Pintar.

7. Brainly Indonesia

Brainly Indonesia adalah aplikasi belajar online yang paling mudah diakses di website-nya. Aplikasi pendidikan ini memungkinkan setiap orang untuk bertanya dan menjawab pertanyaan terkait pelajaran sekolah.

Brainly Indonesia dapat digunakan secara gratis di Android, iOS, dan website untuk jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Selain itu, di aplikasi ini terdapat 25 kategori mata pelajaran yang bisa diakses anak.

Untuk menikmati manfaat aplikasi ini, Bunda bisa mendaftar secara gratis dengan alamat email atau akun Facebook ya.

8. Sekolahmu

Aplikasi belajar Sekolahmu bisa diakses di website atau download di Google Play Store. Sekolahmu berisi beragam materi untuk anak PAUD hingga SMA dan SMK.

"Sekolah.mu adalah platform belajar masa depan yang menggunakan metode blended learning dengan mengkombinasikan variasi metode belajar untuk memfasilitasi kebutuhan gaya dan cara belajar setiap anak yang berbeda," demikian seperti mengutip situs resminya.

Di aplikasi ini, ada paket belajar berbayar dan gratis. Selain itu, ada fitur konsultasi gratis yang dihubungkan dengan aplikasi WhatsApp, Bunda.

Dalam fitur belajar gratis, tersedia beragam materi pembelajaran untuk anak. Ada pula tes-tes yang bisa dicoba secara gratis untuk menilai kemampuan buah hati.

9. Ruangguru

Ruangguru merupakan aplikasi belajar online berbayar yang cukup populer di masa pandemi, Bunda. Dikutip dari laman resminya, Ruangguru memiliki lebih dari 300 ribu pengajar yang siap memberikan materi pelajaran untuk anak SD, SMP, SMA, dan SMK.

Selain yang berbayar, Si Kecil juga dapat mengakses layanan gratis di Ruangguru. Beberapa fitur gratis ini adalah Roboguru dan Ruanguji.

10. Quipper

Melansir dari situs resminya, Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil. Ada beberapa layanan untuk anak sekolah yang berbayar dan gratis di sini, Bunda.

Dalam layanan Quipper School, anak bisa bergabung untuk mendapatkan materi belajar secara gratis dan berbayar. Layanan ini mudah diakses karena Si Kecil cukup mengunduh aplikasi di Google Play dan membuat akun.

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!