sign up SIGN UP search


parenting

Tips Melatih Anak Prasekolah Bersosialisasi dan Mengelola Emosi

Jujuk Ernawati Minggu, 20 Dec 2020 14:55 WIB
Asian family playing toys at home. caption
Jakarta -

Bunda, anak prasekolah, yakni usia 3-5 tahun sangat aktif dan perkembangan otaknya sedang pesat-pesatnya lho. Jadi, enggak heran kalau mereka banyak bertanya, ingin melakukan semuanya sendiri, punya inisiatif, dan senang bereksplorasi.

Nah, untuk mendukung tumbuh kembang anak usia prasekolah, Bunda harus membantu memberikan stimulus yang tepat. Selain itu, latih kemandirian anak sesuai dengan kemampuannya.

"Orang tua harus wajib tahu perkembangan anak sesuai usianya. Jadi tahu anak sedang belajar mandiri, lalu apa yang harus dilakukan semaksimal mungkin untuk membantu anak," kata psikolog Vera Itabiliana, S.Psi, dalam DANCOW Parent Fest Vol.2, dengan tema Lindungi Perkembangan Sosialisasi & Emosi Si Buah Hati di Usia Prasekolah, Sabtu (19/12/2020).


Nah, salah satu kemandirian yang harus dilatih adalah bersosialisasi dan mengelola emosi. Anak prasekolah memiliki keinginan besar untuk menjalin pertemanan, namun menjadi tantangan di tengah situasi pandemi saat ini ya, Bunda.

Kendati demikian, menurut Vera, keterampilan sosialisasi di tengah pandemi masih bisa distimulasi di lingkungan keluarga atau rumah kok. Keluarga sendiri merupakan lingkungan sosial terkecil, di mana anak bisa melakukan sosialisasi dengan Bunda, Ayah, dan saudaranya.

"Social skill, tata krama, bagaimana berprilaku bisa dilatih di rumah," ujarnya.

Selain itu, virtual playdate juga bisa menjadi solusi untuk bersosialisasi di tengah pandemi. Bunda enggak perlu khawatir cara ini bakal membuat anak kesulitan untuk berinteraksi secara langsung kelak karena anak memiliki kemampuan belajar dan beradaptasi yang baik.

"Kemampuan anak belajar dan beradaptasi sedang berada di puncaknya. Mereka bisa beradaptasi dengan perubahan asal orang tua memberi dukungan menghadapinya," ucap Vera.

Selain kemampuan bersosialisasi, bagaimana cara melatih mengelola emosi anak prasekolah?

Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA yuk Bunda!

Banner menyusuiFoto: HaiBunda

Bunda bisa simak tips Wulan Guritno supaya anak dapat teman baru, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Tips membantu anak prasekolah mengelola emosi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!