sign up SIGN UP search


parenting

Memberi Buah Saat Anak Terkena Diare, Boleh Enggak Sih Bun?

Melly Febrida Jumat, 08 Jan 2021 11:26 WIB
Child sick caption

Jakarta - Saat anak diare, Bunda mungkin suka bingung mau kasih makan apa. Makanan apapun yang Bunda berikan biasanya akan ditolak. Sebagian Bunda juga berpikir kalau dikasih buah takutnya diare makin menjadi-jadi.

Kira-kira ada buah yang aman untuk dikonsumsi anak saat diare enggak ya? Dan Brennan, MD, menjelaskan bahwa diare yang keluarnya berupa tinja encer paling sering disebabkan oleh virus. Pada bayi dan balita biasanya hilang dalam 10 hari.  Terpenting, Bunda harus mengawasi anak dari tanda-tanda dehidrasi. Selain itu pastikan anak-anak mendapatkan cukup cairan.

Brennan berpesan, apabila si Kecil diare jangan memberikan obat anti-diare kecuali dokter anak yang menganjurkan. Untuk cairan yang dibutuhkan bisa dari kaldu, cairan elektrolit, dan terus menyusuinya.

"Jika anak Anda masih menyusu, lanjutkan menyusui seperti biasa. Dokter Anda mungkin ingin Anda memberi bayi Anda sedikit larutan elektrolit oral.  Periksa jumlahnya ke  dokter Anda," ujarnya dikutip Web MD.

Memang memberikan cairan elektrolit ke anak tidak mudah. Brennan menyarankan untuk membujuk anak meminumnya meski menyesap sedikit demi sedikit daripada minum terlalu banyak sekaligus.

Atau Bunda bisa menjadikan larutan elektrolit sebagai es loli. "Tawarkan es loli balita Anda yang dibuat dengan larutan elektrolit oral," imbuhnya.

Bagaimana dengan makanan? Brennan menganjurkan memberi makanan ringan sebagai makanan balita. Tapi, hindari makanan pedas atau gorengan.

"Setelah diare berhenti, secara bertahap kembalilah ke pola makan normal. 

Serat di Buah untuk Diare?

Lauren Lazar, MD, Ahli Gastroenterologi Anak di Children's Healthmdan Asisten Profesor di UT Southwestern dikutip Children, mengatakan bahwa apabila anak mengalami diare, penting untuk memberi mereka makanan yang sehat dan seimbang selain banyak cairan.  

Dulu, dokter menyarankan pola makan "BRAT" (pisang, nasi, saus apel dan roti panggang) sebagai solusi untuk membantu anak diare, kini banyak dokter yang tidak merekomendasikannya.

"Diet BRAT bersifat membatasi dan tidak selalu membantu menghentikan diare," jelas Lazar. "Sebaliknya, kami merekomendasikan agar anak-anak terus makan makanan bergizi dan menyeluruh, karena ada bukti bahwa usus sembuh saat anak diberi makan.


Untuk bayi dan anak yang disusui, ASI terus menjadi pilihan yang bagus untuk nutrisi menghadapi diare.  "ASI mudah diserap dan memiliki lebih banyak nutrisi daripada larutan elektrolit," kata Lazar. 

Untuk Bunda yang ingin memberikan buah saat anak diare, bisa menyimak daftarnya di halaman selanjutnya ya.

Sebelum beralih ke halaman selanjutnya, simak juga obat diare alami dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Hijaber Turki
(rap/rap)
Buah-buahan ini Bagus Dikonsumsi saat Diare
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi