sign up SIGN UP search


parenting

4 Obat Diare Alami untuk Si Kecil, Dijamin Aman & Rasanya Enak Lho

Nanie Wardhani Selasa, 20 Apr 2021 13:08 WIB
Kid and pills. Abdominal pain in a child. The girl is suffering from pain. caption

Diare bisa menyerang siapa saja ya Bunda, baik dewasa maupun anak-anak bahkan sampai ke bayi. Terkadang nih, kalau anak terkena diare rasanya ingin langsung saja memberi obat diare yang ampuh dari apotek agar diare dapat segera pulih.

Sebelum memberikan obat-obatan kimiawi, banyak Bunda yang mencoba perawatan alami lho. Bunda dan Ayah di antaranya? 

Salah satu hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi diare terutama pada anak sebelum langsung menggunakan obat-obatan adalah dengan memberikan pengobatan secara alami dari berbagai bahan yang ada di rumah. 


Kira-kira apa saja obat diare alami yang bisa Bunda berikan untuk mengurangi penyakit diare pada anak? Simak beberapa bahannya berikut ini ya, Bunda.

1. Oralit Buatan Sendiri

Yang paling utama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat oralit sendiri, selain untuk menyembuhkan diare, minum oralit juga dibutuhkan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat diare. Bunda bisa membuat oralit sendiri di rumah dengan cara; larutkan enam sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dalam satu liter air. Aduk hingga rata, dan minum satu gelas tiap 4-6 jam sekali.

2. Pisang

Pisang adalah buah yang cocok untuk menanggulangi diare, karena kandungan kalium dalam pisang dapat dengan cepat menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare. Selain itu pisang juga mengandung pektin, yang bisa menyerap cairan di dalam usus, sehingga kotoran yang dikeluarkan akan lebih padat dan sedikit mengandung air.

3. Kentang

Dengan kandungan kalium yang sama seperti pisang, maka kentang juga dapat digunakan sebagai obat diare alami, Bunda. Yang penting pastikan mengonsumsinya tanpa dicampur dengan mentega, margarin atau saus pedas.

4. Roti gandum

Makanan olahan gandum seperti roti gandum dan pasta juga bisa menjadi obat diare alami, Bunda. Roti gandum memiliki kandungan serat yang rendah, sehingga mudah dicerna dan dapat memadatkan kotoran. Sebaiknya tidak menambahkan margarin, mentega, madu, selai, susu serta saus pedas pada roti saat mengonsumsinya ya, Bunda.

Demikian beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan obat diare alami yang bisa Bunda coba berikan pada Si Kecil jika mengalami diare. Lalu kira-kira obat diare apa saja kah yang aman untuk Bunda hamil ya, Bunda? Yuk simak lengkapnya berikut ini.

Simak bahan dan obat alami lainnya untuk mengatasi diare anak di halaman selanjutnya!

Simak nih, Bunda, makanan yang bisa meredakan diare dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



BUNDA HAMIL DIARE? BERIKUT SOLUSINYA YANG BUNDA HARUS TAHU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi