sign up SIGN UP search


parenting

Haru! 3 Bocah Rawat Ibu Sakit Sendirian, Cari Nafkah di Rumah Tetangga

Yuni Ayu Amida Selasa, 12 Jan 2021 15:54 WIB
Kisah Hilal, bocah yang harus kerja dan urus ibunya yang sakit di Banjarnegara, Kamis (23/7/2020). caption
Jakarta -

Sejatinya, dunia anak-anak diisi dengan bermain bersama teman sebaya. Namun sepertinya, hal itu tak bisa dirasakan oleh tiga bocah ini, Bunda.

Di usia mereka yang masih kecil, tiga anak ini harus memikul beban berat. Mereka merawat orang tuanya yang sakit parah. Bahkan, di antara mereka juga ada yang jadi tulang punggung keluarga.

Berikut ini kisah 3 bocah yang rawat ibu sakit sendirian, dikutip dari berbagai sumber:


1. Hilal dari Banjarnegara

Seorang bocah 13 tahun bernama Hilal Dwi Bagus rela banting tulang, bekerja sebagai pembuat kulit lumpia di sela sekolahnya. Hal ini ia lakukan demi merawat ibunya yang sakit.

Siswa kelas VIII MTs Merden, Banjarnegara, itu sudah lebih dua tahun bekerja sebagai pembuat kulit lumpia. Tepatnya setelah sang ibu, Nasirom (45) sakit dan tak bisa bekerja maksimal.

Hilal tinggal bertiga dengan ibunya, yang didiagnosis masalah jantung, serta kakak perempuannya. Hanya saja, kakaknya lebih sering tinggal di pondok pesantren karena disekolahkan seorang donatur. Sementara bapaknya sudah meninggal saat Hilal berusia empat tahun.

Sebagai pembuat kulit lumpia, setiap harinya Hilal berangkat pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, bisa juga sampai pukul 22.00 WIB jika lembur. Hilal juga masih pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena situasi COVID-19.

Sebenarnya, ia ingin bermain seperti anak kebanyakan. Namun karena sadar kondisinya, Hilal lebih memilih bekerja. Ia menerima upah sebesar Rp50 ribu untuk satu karung kulit lumpia yang dikerjakan.

Sementara itu, dikatakan sang ibunda, semenjak dirinya sakit, putranya tersebutlah yang rajin mengerjakan seluruh pekerjaan rumah. Termasuk mencari uang dari membuat kulit lumpia.

"Kalau lagi kambuh, saya tiduran aja. Semua pekerjaan rumah Hilal yang mengerjakan. Apalagi kalau musim kemarau, Hilal juga yang mencari air bersih untuk kebutuhan rumah tangga," ujarnya, dilansir detikcom.

Simak juga manfaat anak bermain bersama orang tua dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dr.Tirta vs Melly GoeslawFoto: Mia Kurnia Sari



(yun/som)
3 Bocah Rawat Ibu Sakit Sendirian
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi