sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Nabi Luth As Ajak Bertobat Kaum Durhaka yang Ditenggelamkan Allah

Melly Febrida Rabu, 13 Jan 2021 13:55 WIB
A Muslim mother and daughter are indoors in a shopping mall. They are both wearing casual clothing and head scarves. They are smiling at each other while sitting on a bench. caption

Jakarta - Cerita nabi selalu menjadi pilihan menarik untuk diceritakan ke anak-anak. Selain mengenalkan sejarah Islam dan agama Islam lebih mendalam, kisah nabi juga selalu menyimpan pesan moral yang bagus ditanamkan ke benak anak-anak.

Salah satunya mengenai perjuangan Nabi Luth As terkenal dengan kaum Sadum yang menikah sesama jenis. Namun Bunda bisa menceritakan kisah Nabi Luth As kepada anak-anak agar lebih dekat ke Allah dan mengikuti ajarannya.

Nabi Luth As merupakan saudara dari Nabi Ibrahim As. Namun keduanya berpisah, Nabi Luth as menetap di sebuah dusun bernama Sadum, sebuah daerah di Palestina.

Dilansir dari Kisah 25 Nabi & Rasul, Rasimin Abd Aziz BA mengatakan, menurut riwayat yang dikeluarkan Imam Abusyakh dari Said bin Abi Arubah, kaum Nabi Luth As sangat buruk perbuatannya. Para kaum laki-laki memperistri laki-laki dan perempuan mempersuami perempuan.

Bisa dibilang kota itu dihuni para pelaku kejahatan. Mereka juga tidak mau mendengarkan nasihat yang baik. 

Allah mengutus Nabi Luth As ke negeri Sadum yang penduduknya sangat durhaka kepada Allah SWT. 

Nabi Luth As adalah orang yang takut akan Tuhan dan berkhotbah kepada orang-orang ini untuk menghindari kejahatan yang mereka lakukan. Tetapi orang-orang di kota ini menolak untuk mendengarkan. 

Nabi Luth memperingatkan mereka tentang hukuman Allah jika terus melakukan kejahatan. 

Nabi Luth mengatakan kepada mereka,  "Apakah kamu tidak takut kepada Allah dan menaati-Nya?  Sesungguhnya!  Saya adalah perantara yang dapat dipercaya.  Jadi takutlah Allah dan taati aku." 

Tetapi orang-orang yang itu seakan menantang. “Datangkanlah siksaan Allah itu, hai Luth, jika sekiranya engkau orang yang benar.

Setelah mendengar ejekan dari kaum Sadum, Nabi Luth berdoa kepada Tuhan sebagaimana dalam Alquran.

“Berkata Luth: Oh Tuhanku, berilah pertolongan kepadaku untuk melawan kaum yang berbuat bencana ini.” (QS Al Ankabut ayat 30)

Doa Nabi Luth dikabulkan Allah SWT, dan setelah itu diutuslah beberapa malaikat untuk menurunkan azab terhadap kaum Nabi Luth yang durhaka.

Ketika datang kabar kepada Nabi Ibrahim As bahwa akan dibinasakan negeri Nabi Luth As dengan kaumnya, akibat penduduk yang durhaka dan bermaksiat, maka berkatalah Nabi Ibrahim,” Di dalam negeri itu ada Nabi Luth, bagaimana Kamu akan merusaknya?


Jawab Malaikat itu, “Kami lebih mengetahui siap-siapa di dalam negeri itu dan akan kami selamatkan Luth beserta ahlinya, kecuali istrinya, maka ia termasuk golongan orang-orang yang mendapat siksaan.”(QS Al Ankabut, ayat 32).

Lalu bagaimana kelanjutan kisah Nabi Luth? Baca di halaman selanjutnya yuk, Bunda:

Tahukah Bunda kalau mendongeng bisa menjadi trik agar anak mau makan. Simak penjelasannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

 

(rap/rap)
Istri Nabi Luth As Juga Terkena Azab
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi