sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Nabi Yahya As, Sejak Kecil Gemar Membaca dan Sayang Binatang

Melly Febrida   |   Haibunda Selasa, 01 Dec 2020 18:32 WIB
A young Arab American mother reads with her young daughter in a public park. She is wearing a hijab and having a great time as they turn pages and point to pictures together. caption

Jakarta - Si kecil suka mendengarkan kisah nabi dan rasul, Bunda? Wah, kebetulan sekali ya, kali ini Bunda bisa menceritakan kisah tentang Nabi Yahya AS nih.

Nabi Yahya As termasuk dari 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui. Nabi Yahya merupakan putra dari Nabi Zakariya, salah satu yang bertugas menjaga Mariam. Kisah Nabi Yahya As hampir sama seperti Nabi Ishaq AS, yang dilahirkan ketika usia ibunya tidak muda lagi.


Beberapa ulama menjelaskan, usia Nabi Zakariya saat itu 99 tahun, namun ada pula yang menyatakan usianya berkisar 120 tahun. Beliau begitu sabar menanti mendapatkan keturunan. Suatu hari Nabi Zakariya khawatir karena belum memiliki anak. Beliau khawatir tidak akan ada penerus yang mengingatkan orang-orang tentang Allah apabila dirinya sudah tiada.


Dalam 365 Days with The Quran, Saniyasnain Khan, menuliskan Nabi Yahya adalah sepupu dari Nabi Isa.  Ibunya, Isha binti Faqudh, adalah saudara perempuan Hana, ibu Maryam.

Ketika Yahya masih sangat muda, sudah berani melawan kejahatan.  Yahya begitu baik kepada orang tuanya dan sangat menyayangi mereka.  Dia tumbuh menjadi orang yang rendah hati, lembut dan terus terang.

Zanib Mian dalam Migo & Ali Love For The Prophet menceritakan ketika itu, Nabi Zakariya berpikir untuk memohon dikaruniai anak kepada Allah SWT. Karena setiap kali Nabi Zakariya  meminta sesuatu kepada Allah, ia selalu mendapatkannya.

Nabi Zakariya berdoa kepada Allah agar mendapatkan anak laki-laki. "Saya sudah tua. Tulang saya sudah lemah. Dan rambut saya sudah beruban. Allah selalu mendengarkan doa saya."

Kemudian suatu hari, para malaikat berkata kepada Zakariya As bahwa dia akan memiliki seorang bayi laki-laki bernama Yahya.  "Benarkah? Tapi bagaimana mungkin kalau saya sudah tua dan istriku tidak bisa punya anak?"  kata Zakariya.  

Allah berfirman itu bukan masalah bagi-Nya. Dia akan membuat segala sesuatu terjadi. Apapun itu.  Dalam buku My First Quran Story Book, diceritakan Nabi Zakariya masih belum percaya dan meminta kepada Allah untuk menunjukkan tandanya.

"Allah mengatakan, "Ini tanda yang akan Aku berikan kepadamu. Kamu akan baik-baik saja, tapi selama tiga hari Aku akan mengambil suaramu sehingga Kamu tidak bisa mengatakan apapun."


Nabi Zakariya juga diminta untuk selalu mengingat Allah dari pagi hingga petang. Nabi Zakariyya sangat senang.  Meski beliau tidak bisa berbicara tetapi, melalui isyarat, Nabi Zakariya menyuruh orang-orang untuk berdoa kepada Allah.

Bagaimana kisah selanjutnya? Ajak si kecil baca kelanjutannya dengan klik NEXT yuk, Bunda!

Bunda, simak manfaat mendongeng untuk anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Shaheer Sheikh dan Ruchikaa KapoorFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
Kelahiran Yahya, Anak Istimewa yang Bikin Singa Tunduk
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!