sign up SIGN UP search


parenting

5 Manfaat Ubi Ungu bagi Si Kecil, Baik untuk Mata hingga Imunitas

Inkana Putri Selasa, 12 Jan 2021 09:14 WIB
Ubi ungu Ilustrasi ubi ungu/ Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai orang tua, sudah menjadi sebuah kewajiban untuk selalu memperhatikan nutrisi Si Kecil terpenuhi. Salah satu caranya, yakni dengan memberi makanan yang sehat dan bergizi seperti halnya ubi ungu.

Manfaat ubi ungu untuk anak-anak memang jarang disadari oleh orang tua. Pasalnya, kebanyakan orang tua cenderung memberi makanan bergizi seperti buah dan sayur saya. Padahal, ubi ungu juga punya banyak nutrisi.

Melansir Healthline, ubi merupakan umbi-umbian yang kaya akan antioksidan beta karoten, yang efektif meningkatkan kadar vitamin A dalam darah, terutama pada anak-anak.


Ubi juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti kalori, protein, karbohidrat, serat, lemak, dan gula. Nutrisi tersebut bisa menjadi sumber energi Si Kecil dalam beraktivitas. Bahkan, ubi juga mengandung vitamin mulai dari vitamin A, C, B6, B5 dan E.

Lalu, apa bedanya sih Bunda ubi ungu dengan jenis ubi lainnya? Seperti dikutip dalam Good Housekeeping, studi menunjukkan ubi dengan warna berbeda mungkin mengandung berbagai tingkat fitonutrien pada tanaman.

Misalnya, ubi oranye memiliki tingkat beta-karoten tertinggi, sementara ubi ungu memiliki lebih banyak antosianin, flavonoid yang ditemukan pada blueberry. Antosianin juga memiliki efek antioksidan dan dapat mendukung fungsi otak yang sehat untuk Si Kecil.

Penasaran apa saja manfaat ubi ungu untuk anak? Berikut kelima manfaatnya mengutip dari situs Firstcry Parenting.

1. Mencegah sembelit

Ubi merupakan sumber serat yang baik bagi pencernaan, baik untuk orang dewasa hingga anak-anak sekalipun. Dalam 100 gram ubi setidaknya terdapat sekitar 3 gram serat. Selain mengenyangkan, serat dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

2. Baik untuk kesehatan mata

Sebagaimana diketahui, ubi mengandung beta-karoten yang cukup tinggi. Di dalam sistem tubuh Si Kecil, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A, yang dapat meningkatkan penglihatannya. Jadi, jika Bunda mau menjaga kesehatan mata anak, Bunda bisa masukkan ubi ungu ke makanan sehari-harinya.

3. Memperkuat imunitas

Di tengah pandemi saat ini, menjaga imunitas anak tentu jadi hal yang sangat penting. Hal ini bisa Bunda lakukan dengan memberikan ubi ungu ke Si Kecil. Ubi mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk memperkuat sistem imun.

Vitamin-vitamin ini akan membantu Si Kecil terhindar dari infeksi flu biasa dan infeksi lainnya yang cenderung diderita anak-anak. Tak hanya itu, ubi ungu juga merupakan makanan yang bagus untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

4. Sumber energi bergizi

Punya kandungan kalori baik yang cukup tinggi, ubi ungu baik dikonsumsi sebagai sumber energi anak. Apalagi jika Si Kecil merupakan anak yang aktif, tentunya ia perlu energi yang banyak untuk bisa beraktivitas.

Adapun setiap 100 gram ubi biasanya mengandung 86 kalori baik sehingga menjadikannya pilihan makanan sehat, terutama untuk anak yang kekurangan berat badan. Kadar kalori tinggi dalam ubi membantu penambahan berat badan dan perkembangan fisik pada anak-anak.

5. Mencegah anemia dan memperkuat tulang

Manfaat ubi ungu ternyata juga berdampak terhadap tulang Si Kecil, lho Bunda. Adanya kandungan kalsium dan zat besi disebut baik untuk pertumbuhan bayi. Zat besi dapat membantu mencegah anemia, sedangkan kalsium memperkuat tulangnya.

Banyak sekali ya Bunda manfaat ubi ungu untuk anak-anak. Kelima manfaat ini juga bisa dirasakan oleh orang dewasa lho. Meskipun lebih sering dikonsumsi orang dewasa, ubi ungu ternyata bisa dijadikan MPASI untuk bayi, yakni dengan mengolahnya menjadi puree ubi. Rasanya yang agak manis juga membuat ubi jadi makanan favorit para bayi.

Di samping itu, ubi ungu juga umumnya aman dan tidak menimbulkan alergi. Namun, Bunda harus selalu pastikan ubi yang diberikan telah dicuci bersih dan dimasak secara matang. Pasalnya, anak-anak khususnya bayi sering mengalami efek samping muntah dan diare, saat menelan kotoran yang tertinggal pada ubi.

Simak juga resep bakpao ubi ungu dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi