sign up SIGN UP search


parenting

Yummy! Intip 11 Camilan Lezat Sumber Protein Sehat untuk Anak

Inkana Putri Kamis, 14 Jan 2021 13:12 WIB
Ilustrasi anak makan caption
Jakarta -

Memastikan nutrisi Si Kecil sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satunya yakni dengan memberikan sumber protein yang cukup.

Melansir Very Well Family, Pedoman Diet USDA 2015-2020 merekomendasikan jumlah protein setiap hari untuk anak-anak berbeda berdasarkan kelompok usia mereka. Pada umur 1-3 tahun, anak-anak membutuhkan sekitar 13 gram protein, sedangkan anak usia 4-8 tahun butuh 19 gram protein per hari.

Menginjak usia 9-13 tahun, anak perlu diberikan 34 gram protein setiap harinya. Namun, di usia remaja 14-18 tahun, protein anak laki-laki dan perempuan berbeda. Untuk laki-laki, mereka membutuhkan 52 gram protein, sedangkan perempuan membutuhkan lebih sedikit protein, yakni 46 gram.


Meskipun sumber protein bisa ditemukan pada beragam makanan, namun kualitas protein yang dikandung tentunya berbeda. Apalagi, beberapa anak pastinya ada yang tidak suka makanan berprotein.

Oleh karena itu, Bunda perlu pastikan anak mendapat protein lengkap dari makanan yang mereka suka. Dikutip dari Healthline dan What to Expect, Bunda bisa lho berikan 11 camilan sumber protein berikut. Tak hanya lezat, camilan ini juga tentunya sehat bagi anak.

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan camilan yang direkomendasikan karena merupakan sumber protein dan kalsium yang baik untuk anak. Sebagaimana Bunda ketahui, Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang anak-anak yang sedang berkembang.

Namun, kebanyakan yoghurt untuk anak-anak mengandung kadar gula tinggi. Bunda bisa ganti dengan yogurt tanpa lemak dan penuh lemak dan mempermanisnya dengan buah segar atau sedikit madu.

2. Popcorn

Siapa bilang popcorn hanya enak disantap saat menonton film favorit? Popcorn ternyata juga bisa sumber protein untuk anak lho, Bunda. Terbuat dari biji-bijian yang bergizi, Bunda bisa memberikan popcorn sebagai camilan sehat dengan memberikan sedikit mentega dan parutan keju parmesan.

Namun, Bunda tetap harus berhati-hati ya saat menawarkan popcorn ke Si Kecil. Jika tidak hati-hati, ia bisa tersedak dan membahayakannya.

3. Kacang

Selain biji-bijian, kacang juga jadi sumber protein sehat untuk anak karena mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan. Bunda bisa berikan beberapa camilan kacang seperti almond panggang, bubur kacang hijau, dan camilan kacang lainnya.

4. Oatmeal

Bukan hanya sebagai sarapan, oatmeal juga bisa menjadi camilan yang lezat dan sehat. Untuk menambah sumber protein, masaklah oatmeal dengan susu hangat. Tambahkan juga buah-buahan favorit Si Kecil seperti stroberi, pisang, kiwi, dan lainnya agar semakin sehat.

5. Susu

Susu merupakan sumber protein yang baik, namun tidak semua anak menyukai susu. Oleh karena itu, Bunda bisa campurkan susu ke makanan lainnya seperti sereal atau french toast. Bunda juga bisa bikin sajian lezat seperti puding susu atau es krim susu dengan beragam topping buah.

6. Roti dengan selai dan keju

Roti memang dikenal sebagai sumber karbohidrat, namun Bunda pun bisa mengombinasikannya dengan sumber protein seperti selai kacang dan keju.
Selai kacang adalah sumber protein yang baik.

Sementara itu, keju mengandung sebagian besar protein dan lemak dan merupakan sumber kalsium yang baik. Keju juga memberi anak-anak protein berkualitas tinggi, yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya.

7. Finger fish

Kata finger fish mungkin terdengar asing di telinga Bunda. Layaknya finger food untuk bayi, Bunda bisa membuat camilan berbahan dasar ikan. Mulailah dengan memotong ikan dengan ukuran kecil sebesar jari, lalu goreng dengan campuran tepung roti. Bunda bisa sajikan hidangan ini dengan saus mayones lezat.

9. Ubi panggang

Ubi merupakan salah satu sumber beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Ubi panggang juga mengandung protein sehat bagi anak. Untuk membuat ubi panggang, kupas dan iris 1 buah ubi segar dan masukkan ke dalam minyak zaitun, serta taburi garam. Lalu, panggang ubi di atas loyang pada suhu 220 derajat Celsius selama 20 menit.

Delicious baked sweet potato with wooden spoon and cup on desk, Diet food, Low crab of vegetable concept.Ubi panggang, salah satu makanan sumber protein untuk anak./ Foto: Getty Images/iStockphoto/piyaset

10. Es loli buah

Anak-anak tentu gemar sekali makan es loli, namun kebanyakan es loli biasanya mengandung perasa buatan dan gula yang tinggi. Tapi jangan khawatir, Bunda bisa membuatnya es loli sehat berprotein sendiri di rumah.

Adapun caranya yakni dengan menghaluskan buah dan mencampurnya dengan susu. Es loli yang sudah tercampur rata bisa dimasukkan ke cetakan es krim atau gelas plastik kecil. Masukkan es ke dalam freezer dan bekukan semalaman.

11. Sandwich

Sandwich tidak harus dimakan saat sarapan saja lho Bunda. Setengah potong sandwich juga bisa menjadi camilan sehat untuk anak-anak.

Untuk membuat sandwich sehat, gunakanlah roti berbahan dasar gandum. Lalu, pilih sumber protein seperti keju, selai kacang, telur rebus, daging segar, atau krim keju. Jangan lupa juga masukkan sayuran seperti tomat, timun, acar, atau selada.

Mencukupi kebutuhan protein untuk anak memanglah penting, namun jangan sampai Bunda mengabaikan nutrisi yang lainnya. Jangan lupa juga untuk memberi anak makanan yang rendah lemak jenuh, kolesterol, garam, lemak trans, dan gula.

Kandungan lemak total harus berada antara 25 persen dan 35 persen kalori untuk anak-anak usia 4 hingga 18 tahun. The American Heart Association juga mengingatkan orang tua untuk menghindari memberi makan anak secara berlebihan. Pasalnya, hingga pubertas, mereka membutuhkan kalori jauh lebih sedikit daripada orang dewasa.

Simak juga tanda-tanda anak kekurangan protein dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi