sign up SIGN UP search


parenting

Ramai Film Nussa Dinyinyiri Berbau Kearab-araban, Ini Tanggapan KPAI

Asri Ediyati Kamis, 14 Jan 2021 14:51 WIB
Nussa caption
Jakarta -

Bunda dan Si Kecil pernah menonton serial animasi Nussa? Kabarnya, film Nussa sebentar lagi bakal tayang lho. Pada 10 Januari lalu, teaser pertamanya keluar. Animasi produksi The Little Giantz ini pun mendapat berbagai respons.

Meski banyak respons positif, film Nussa juga mendapat komentar negatif. Film Nussa dituding berbau kearab-araban. Hal ini bermula ketika aktivis media sosial Denny Siregar menilai, trailer film Nussa yang dipromosikan sutradara Angga Dwimas Sasongko jauh dari gambaran umat Islam di Indonesia.

Denny Siregar menganggap Nussa sebagai film yang mempromosikan Islam kearab-araban. Ia bahkan menyebut baju Nussa seperti baju model gurun pasir.


"Mas Angga Sasongko apa gak paham ya, kalau pilem Nussa ini yg bidani Felix Siaw? Liat aja bajunya si Nusa, emang anak muslim Indonesia bajunya model gurun pasir gitu?" tulisnya.

"Setau saya, dari dulu kita sarungan deh. Hati-hati mas, jangan jadi jembatan propaganda mereka," kata Denny Siregar.

Cuitan Denny Siregar itu kemudian langsung dijawab dan dikomentari oleh Angga Sasongko. Sutradara berkacamata itu menjelaskan, proses kreatif dan produksi tidak ada keterlibatan pemuka agama.

"Mas Denny, pada proses kreatif dan produksi tidak ada keterlibatan pemuka agama. Cerita dan skenario film ini digarap Skriptura, divisi IP Development Visinema Group. Produksi animasinya oleh The Little Giantz dan distribusi & promosinya oleh Visinema Pictures," tulis Angga di Twitter.

Sementara itu, di Instagram, Angga Sasongko menambahkan lagi pembelaannya tentang film Nussa, yang dituding berbauĀ kearab-araban hanya karena baju yang dipakai karakter utamanya.

"Karena yang dipersoalkan bajunya Nussa, ya Jawabnya gini deh. End: 'Anyway, Mas Denny, kalo yang dipermasalahkan tampilan baju. Monggo, dapet salam dari Mas Bobby. Adios amigo!'" tulis Angga Sasongko di Instagram Story.

Menyoal ini, HaiBunda menghubungi langsung Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, terkaitĀ film animasi Nussa yang bernuansa Islami. Apa tanggapannya? Baca selengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga alasan Bunda tetap dampingi anak nonton film kartun:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Pramugara Sriwijaya



(aci/muf)
Apa tanggapan KPAI soal film Nussa?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi