sign up SIGN UP search


parenting

Bayi Oki Setiana Dewi Harus Fisioterapi, Sakit Apa?

Asri Ediyati Selasa, 02 Feb 2021 08:10 WIB
Anak Keempat Oki Setiana Dewi caption
Jakarta -

Pada November 2020, Oki Setiana Dewi melahirkan anak keempat yang diberi nama Sulaiman Ali Abdullah. Saat dilahirkan, Sulaiman tak seperti bayi pada umumnya. Ia tidak menangis kencang, Bunda.

Kemudian setelah diperiksa, Sulaiman mengalami beberapa kelainan. Sejak lahir hingga sekarang, Oki sudah memeriksakan kondisi Sulaiman ke beberapa dokter spesialis.

"Mungkin teman-teman nanya, kenapa Sulaiman dibawa ke dokter endokrin, cek kromosom, ke dokter urologi. Setelah sebelumnya ke dokter paru, jantung, THT, saraf dan lain-lain," ujar Oki Setiana Dewi, dikutip dari akun YouTube miliknya, Selasa (2/2/2021).


"Saya cuma cerita supaya nanti kalau teman-teman mengalami anaknya seperti Sulaiman, tidak terkaget-kaget, bahwa ada kelainan-kelainan seperti ini," katanya.

Oki menceritakan bahwa anak keempatnya itu mengalami kriptorkidisme, undescended testicle, atau testis yang belum turun. Bagi bayi laki-laki yang mengalami kelainan tersebut, penisnya ada namun testisnya tidak ada.

Dahulu, waktu Sulaiman lahir, dokter sempat mengatakan untuk tidak membuat akta kelahiran karena belum pasti kelaminnya laki-laki atau perempuan, Bunda.

"Jadi, itu buat saya agak shock, karena ada bayi yang lahir dengan dua kelamin. Saat itu, Sulaiman penisnya ada tapi testisnya belum ada, di USG enggak ketemu," tutur Oki Setiana Dewi.

Akhirnya, pada saat berkunjung ke dokter spesialis endokrin, Sulaiman disuntikkan sesuatu untuk tahu apakah di tubuhnya memiliki testosteron, hormon yang menandakan dia laki-laki. Setelah disuntik, Sulaiman ternyata memilikinya dan diumumkan bahwa ia berjenis kelamin laki-laki.

Selain mengalami kriptorkidisme, anak keempat Oki juga mengalami laringomalasia dan hipotonia yang membuatnya harus menjalani fisioterapi. Baca kelanjutannya di halaman berikutnya.

Simak juga cerita Joanna Alexandra yang terbuka soal penyakit langka anak bungsunya, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Skandal TWOTM Sulut
Bayi Oki Setiana Dewi juga mengalami laringomalasia dan hipotonia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi