sign up SIGN UP search


parenting

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak dan Dampaknya ke Dosis Obat

Melly Febrida Rabu, 24 Mar 2021 11:32 WIB
Boy measures weight on a weight scale. caption

Salah satu cara untuk mengetahui berat badan anak termasuk ideal atau overweight atau obesitas dengan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT). Namun, jauh sebelumnya ada beberapa metode perhitungan berat badan ideal anak. 

Perhitungan berat badan ideal pada anak itu ternyata penting ketika hendak memberikan dosis obat.

Situs Cureus menuliskan, perkiraan berat badan selama keadaan darurat medis pada anak-anak adalah penting, tetapi banyak kesalahan jika teknik yang digunakan salah, yang dapat mengakibatkan kesalahan dosis obat yang kritis.  

Dalam hal pemberian dosis obat untuk anak-anak yang kelebihan berat badan, serta anak-anak dengan obesitas, tingkat variabilitas ini dapat menyebabkan dosis obat yang kurang.

Pada anak yang obesitas umumnya memiliki volume distribusi yang lebih besar untuk obat lipofilik. Untuk pengobatan hidrofilik, pasien dengan obesitas mungkin memiliki volume distribusi yang lebih besar atau lebih kecil karena peningkatan massa tubuh tanpa lemak, volume darah, dan penurunan persentase total volume tubuh. 

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan penggunaan berat badan ideal (IBW) untuk menghitung dosis semua obat. IBW didefinisikan sebagai refleksi massa tubuh tanpa lemak. Sedangkan formularium lain menyarankan penggunaan dari IBW dan IBW-derived measures, termasuk berat badan yang disesuaikan dan massa tubuh tanpa lemak, tergantung pada kelarutan lemak. 

banner resep tahu

Seringkali tidak mungkin untuk mengetahui IBW yang sebenarnya dari seorang pasien, jadi beberapa metode estimasi telah diusulkan dalam literatur. Penelitian menunjukkan bahwa berbagai metode dapat menghitung IBW dengan cara berbeda, terutama pada anak-anak yang lebih tua dan anak-anak yang jauh dari persentil tinggi badan 50.

Sebuah penelitian di Inggris juga pernah membandingkan lima metode umum untuk menentukan obesitas pada anak-anak. Namun, metode yang berbeda untuk mengklasifikasikan berat badan masa kanak-kanak seringkali memberikan jawaban yang sangat berbeda.

Dikutip Med Page Today, dalam sebuah hasil penelitian di JAMA Pediatrics, Alexander Moylan, MRCPCH, dari Imperial College Healthcare National Health Service Trust di London, dan rekannya membandingkan lima metode berbeda untuk menentukan berat badan ideal pada anak-anak. 

Metode yang dimaksud adalah McLaren, Moore, BMI50, America Dietary Association (ADA), dan metode Traub. Sayangnya, variabilitas dapat menimbulkan masalah saat menentukan berat badan ideal untuk menghitung dosis obat anak-anak.

Saat menghitung berat badan ideal untuk anak-anak usia prasekolah, metode ADA dan McLaren cukup mirip. "Ada sedikit kesepakatan tentang bagaimana dokter yang meresepkan harus memodifikasi rejimen dosis berdasarkan berat badan pada anak-anak dengan obesitas," jelas Moylan dan rekan penulisnya.

Kalau IBW dihitung secara tidak akurat, ini dapat menyebabkan dosis obat yang kurang atau lebih, menyebabkan penurunan efektivitas atau peningkatan toksisitas. Hal ini juga dapat menyebabkan ketidaksesuaian dalam perawatan kondisi serius seperti sindrom gangguan pernapasan akut.


Biar sehat bareng sekaligus saling memotivasi, tonton tips berolahraga bareng anak di video ini deh Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

KESALAHAN PEMBERIAN DOSIS OBAT KE ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi