sign up SIGN UP search


parenting

Kumpulan Doa untuk Anak Sehari-hari Agar Berkarakter Islami

Kinan Selasa, 23 Mar 2021 16:37 WIB
Ramadan Kareem,The Muslim boy prays in the mosque, the little boy prays to God,Peace and love in the holy month of Ramadan,lifestyle concept caption

Dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari, penting untuk mengingatkan anak berdoa terlebih dahulu. Dengan demikian, anak akan tumbuh dengan karakter Islami dan berperilaku baik.

Dikutip dari buku Doa Yuk! Kumpulan Doa Sehari-hari untuk Pembentukan Karakter Anak yang ditulis oleh Mochamed Soleh, S.Ag, doa berarti memohon sesuatu yang bermanfaat dan memohon tercegah sesuatu yang memudharatkan.

Salah satu keutamaan berdoa yakni merupakan perbuatan yang paling mulia dan dicintai oleh Allah SWT. Abu Hurairah Rasulullah bersabda, "Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah dari doa."


Maka dari itu, penting untuk menanamkan kebiasaan berdoa pada anak sejak dini ya, Bunda. Termasuk kebiasaan membaca doa sebelum melakukan berbagai aktivitas harian.

Berikut beberapa kumpulan doa untuk anak sehari-hari yang mudah dilafalkan:

1. Doa sebelum tidur

Bismikalloohumma ahyaa wa amuutu

Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati."

2. Doa bangun tidur

Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan."

3. Doa masuk kamar mandi

Alloohumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung dari godaan iblis jantan dan betina."

4. Doa sebelum belajar

Rodlittu billahiroba, wabil islaamidiinaa, wabimuhammadin nabiyya warasuula, robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan

Artinya: "Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi  Muhammad  sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

5. Doa sebelum makan

Allohumma baariklanaa fiima rozaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

6. Doa setelah makan

Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa waja'alanaa minal muslimin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam."

7. Doa masuk rumah

Allohumma innii as-asluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbinaa tawakkalnaa

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal."

8. Doa masuk masjid

Allohummaf tahlii abwaaba rohmatika

Artinya: "Ya Allah, bukakan bagiku pintu-pintu rahmat-Mu."

9. Doa keluar masjid

Allohumma innii as-aluka min fadlika

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu."

10. Doa untuk kedua orang tua

Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumma kama rabbayaanii shogiiroo

Artinya: "Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil."

Doa untuk anak dari orang tua

Selain membiasakan anak membaca doa, agar ia selalu terlindungi jangan lupa juga untuk selalu membacakan doa untuknya ya, Bunda. Doa bisa menjadi harapan dan ungkapan baik untuk mengiringi tumbuh kembangnya.

Beberapa doa untuk anak dari orang tua yang bisa rutin Bunda bacakan di antaranya

1. Doa agar anak tumbuh sholih sholihah

Allohummaj 'al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur'ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-qur'an dan sunnah, orang-orang yang memahami dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat."

2. Doa agar anak selalu dilindungi

U'idzukuma bi kalimaatillaahit tamati min kulli syaithanin wa haammatin wa min kulli 'aynin lammah

Artinya: "Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala godaan iblis, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat." (HR Abu Daud).

3. Doa agar anak selalu berbakti pada orang tua

Allohumma bariklii fii awladii, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqnii birrohum

Artinya: "Ya Allah berilah berkah untukku pada anak-anakku janganlah Engkau timpakan marabahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah aku rezeki berupa bakti mereka."

Demikian beberapa doa untuk anak sehari-hari yang bisa mulai diajarkan sejak dini. Biasakan Si Kecil membaca doa agar bisa berperilaku Islami dan baik budi ya, Bunda.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!