sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ajari Anak Baca Doa Pendek Sesudah Belajar Yuk

Melly Febrida Minggu, 13 Dec 2020 18:40 WIB
Children learning muslim praying with adult woman. caption

Berdoa sebelum belajar umum dilakukan anak-anak di sekolah maupun di rumah. Nah, jangan lupa juga ya, Bunda, untuk mengajari mereka berdoa sesudah belajar nih.

Hal ini pun perlu dilakukan sejak dini, Bunda. Tekankan pada anak-anak bahwa berdoa itu tak hanya di awal melakukan kegiatan, ketika mengakhirinya pun sebaiknya ditutup dengan membaca doa. Misalnya saja ketika belajar, anak-anak pasti diminta membaca doa sebelum dan sesudah belajar.


Diungkap Syamsul Rijal Hamid dalam Buku Pintar Ayat-ayat Hadits, dalam Hadts Riwayat Ibnu Hibban dan Ibnu Majah, Anas bin Malik ra mengatakan, Rasulullah Saw bersabda, "Menuntut ilmu (belajar) adalah kewajiban bagi setiap muslim. Dan mengajarkan ilmu bukan pada ahlinya adalah seperti mengalungi babi dengan berlian, mutiara, dan emas."


Selain berdoa, biasakan pula anak-anak untuk aktif bertanya ketika belajar. Hal itu bermanfaat untuk melatih kecerdasan dan kekritisan anak, bahkan perintah untuk bertanya saat belajar ini juga diriwayatkan dalam Hadits Riwayar Abu Nu'aim, Ali ra menuturkan, Nabi Muhammad Saw bersabda, "Ilmu itu laksana lemari (yang tertutup rapat) dan kunci pembukanya adalah pertanyaan. Oleh sebab itu, bertanyalah kalian karena sesungguhnya  dalam tanya jawab diturunkan empat macam pahala, yakni untuk penanya, untuk orang berilmu (yang menjawab pertanyaan), para pendengar, dan orang yang mencintai mereka.

Anak-anak mungkin lebih sering mengawali perbuatan dengan membaca Basmallah dan mengakhirinya dengan Hamdallah. Namun, anak-anak juga bisa membaca doa sesudah belajar ini Bunda

Dikutip dari berbagai sumber terpcercaya, berikut kumpulan doa belajar:

1. Doa Sebelum Belajar agar Diberi Kemudahan

Dikutip dari buku Adab dan Doa Sehari-hari untuk Muslim Sejati karya Thoriq Aziz Jayana, mempelajari ilmu baru bisa membuat diri semakin takwa kepada Allah SWT. Juga tercantum dalam Al Quran tertulis pada surat Taha ayat 114, doa sebelum belajar tertulis sebagai berikut: 

Arab: ۖوَقُلْ رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا

Latin: wa qur rabbi zidnī 'ilmā.

Artinya: dan katakanlah, 'Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku.'

Selain itu, ada doa yang biasa dipanjatkan ketika memulai pelajaran sebagai berikut

Latin: Rodhitu billahi rabbaw wa bilislami diyna wa bimuhammadin nabiyyaw wa rasula, rabbi zidniy 'ilmaw warzuqniy fahma.

Artinya: Aku ridha Allah menjadi Tuhanku dan Islam menjadi agamaku dan Muhammad sebagai nabiku. Ya Tuhanku tambahkan lah kepadau ilmu, rezeki, dan pemahaman. 

2. Doa Setelah Belajar

Setelah mengakhiri pelajaran, ada baiknya membaca doa sesudah belajar yaitu: "Allahumma arinal haqqo haqqo." Harapannya, semua ilmu yang didapat merupakan kebenaran.

Latin: Allahumma arinal haqqo haqqo warzqnat tiba'ah wa arinal batila batila warzuqaj tinabah.

Artinya: Ya Allah tunjukilah kami bahwa yang benar adalah benar sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukilah kami bahwa yang salah adalah salah sehingga kami dapat menjauhinya.

 Semoga dua doa pendek di atas bisa membantu si kecil mudah memahami pelajaran ya.

Bunda, simak yuk cara berikut agar anak mau belajar salat dan mengaji. Klik videonya ya:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner susu

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!