sign up SIGN UP search


parenting

10 Menu Makanan Sahur yang Bikin Si Kecil Kuat Puasa

Annisa Karnesyia Kamis, 22 Apr 2021 20:28 WIB
Anak Puasa caption
Jakarta -

Si Kecil sudah mulai puasa Ramadhan ini, Bunda? Jangan lupa untuk penuhi nutrisi anak dari makan sahur ya.

Menurut anggota Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh PP 'Aisyiyah, Dr. Hibana Yusuf, M.Pd., sahur itu penting untuk menyiapkan energi anak selama puasa. Selain itu, ada nilai ibadah yang luar biasa di waktu sahur.

"Agar tubuh kita punya cukup energi selama sehari, sebaiknya memang tidak minum saja, tapi juga ada makan. Asupan itu perlu," kata wanita yang akrab disapa Ana ini dalam Live Instagram Haibunda, belum lama ini.


Banner Muslimahpedia untuk Artikel

"Rasulullah mengatakan bahwa sahur itu berkah. Jadi tidak hanya sekedar yang penting makan, tapi ada nilai ibadahnya di situ," sambungnya.

Banyak jenis makanan bisa diberikan pada anak saat makan sahur. Namun, paling penting memberikan makanan sumber energi ke anak di waktu ini.

Dilansir The Star, cara terbaik bagi anak untuk mendapatkan energi selama puasa adalah konsumsi makanan sumber protein dan karbohidrat. Sumber protein bisa didapatkan dari kombinasi protein nabati dan hewani. Sementara karbohidrat bisa diperoleh dari nasi dan kentang.

Selama bulan Ramadhan, jangan berikan anak makanan berlebihan agar perut tak kembung atau mengalami masalah pencernaan ya. Hindari juga makanan pedas yang bisa meningkatkan keasaman lambung.

Mengutip berbagai sumber, berikut 10 ide menu makanan sahur yang bikin si Kecil kuat puasa:

1. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan dapat diberikan sebagai menu tambahan anak saat sahur. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan dan bikin anak kuat puasa.

Dalam konsep gizi seimbang 'Isi Piringku' dari Kementrian Kesehatan, sayuran mengambil 2/3 porsi dari setengah piring. Sementara buah-buahan mengambil 1/3 porsi setengah 'Isi Piringku'. Artinya, sayur dan buah-buahan perlu diberikan di setiap menu makanan anak, termasuk sahur ya.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga keutamaan puasa bagi kesehatan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

DAGING DAN SUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi