sign up SIGN UP search


parenting

Penuhi Vitamin Anak Saat Puasa, Pilih Makanan Mengenyangkan Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 04 May 2021 16:08 WIB
Beautiful happy family concept. Nutrisi anak puasa/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RedStock

Jakarta - Berpuasa bagi anak mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Apalagi, kalau masih tahapan belajar sehingga Bunda pun perlu menunjang dengan makanan bergizi seimbang agar kesehatan mereka tetap terjaga selama berpuasa.

Sebagai orangtua, tentu Bunda kadang-kadang jadi khawatir kalau waktu makan yang terbatas, bisa membuat imunitas anak-anak jadi menurun. Itu sebabnya, banyak Bunda menambahkan vitamin anak saat puasa, baik dari sumber makanan alami dan juga suplemen kesehatan.

Melansir dari Times of India, sedianya berpuasa terutama bagi anak-anak memang perlu dilakukan dengan cara yang sehat ya, Bunda. Sehingga, kebutuhan nutrisi tubuh pun tetap terpenuhi dengan baik. 


Apalagi, berpuasa dapat menguras nutrisi meski tidak melakukan banyak aktivitas. Untuk itu, penting sekali selama jam makan, anak-anak mengisinya dengan nutrisi penting.

Secara spesifik, ada empat kelompok nutrisi yang tak boleh dilewatkan terutama ketika berpuasa. Di antaranya yakni magnesium, vitamin D, zat besi, dan omega-3.

Mineral-mineral ini merupakan vitamin penting baik dalam kebutuhan sehari-hari maupun ketika anak sedang berpuasa ya, Bunda.

"Bunda perlu memastikan bahwa asupan anak-anak selama berpuasa dipenuhi dengan makanan yang seimbang," ujar Nadine Aoun, Ahli Gizi Klinis di Medcare Women & Children Hospital, seperti dikutip dari laman Fridaymagazine.

Nadine menambahkan, Bunda juga perlu memastikan anak-anak selalu makan sahur karena sesi makan ini menjadi hal terpenting selama berpuasa. Dan, terlepas dari apakah anak-anak puasa setengah hari atau sehari penuh, mereka tetap harus makan sahur dan tidak tidur sepanjang hari.

"Berikan anak-anak makanan yang lambat dicerna dan mudah diserap serta kaya serat. Seperti karbohidrat kompleks yang ada pada roti gandum, sereal, dan lainnya. Makanan ini memberikan energi yang dapat bertahan selama berjam-jam, tidak seperti makanan yang tinggi gula dimana hanya memberikan energi dalam waktu singkat,"tambahnya.

Klik di halaman selanjutnya ya.

Bunda, simak juga yuk manfaat infused water untuk anak-anak, seperti penjelasan dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

MEMENUHI KEBUTUHAN NUTRISI ANAK PUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi