sign up SIGN UP search


parenting

Segar! 10 Ide Makanan Buka Puasa untuk Mengembalikan Energi Si Kecil

Annisa Karnesyia Selasa, 27 Apr 2021 17:07 WIB
Asian family lunch outdoors, children having fun at table, Father helps feed daughter caption
Jakarta -

Anak yang belum akil baligh memang enggak wajib menjalankan puasa Ramadhan ya, Bunda. Tapi, Bunda bisa mulai mengenalkan anak untuk menahan makan dan minum sejak dini atau biasa kita sebut puasa bedug.

Untuk mengajarkan keutamaan puasa, ajak si Kecil sahur dan berbuka bersama keluarga. Bila anak kuat puasa hingga petang, jangan lupa siapkan makanan bernutrisi yang bisa gantikan energinya, Bunda.

Waktu buka puasa juga dapat menjadi momen anak-anak belajar menahan diri. Artinya, mereka tidak boleh makan berlebihan hanya karena sudah puasa seharian.


Banner Muslimahpedia untuk Artikel

"Penting untuk mengajari anak cara berpuasa yang benar agar dia terbiasa dan disiplin secara mental dan fisik," kata ahli nutrisi Prof. Dr. Norimah A. Karim, dilansir The Star.

Meski baik membiasakan anak puasa Ramadhan, Bunda tetap harus memenuhi kebutuhan gizinya ya. Lebih baik lagi bila Bunda sudah membuat rencana menu makan anak sebelum bulan Ramadhan.

Nah, berikut telah HaiBunda berikan ide 10 ide makanan buka puasa anak yang bisa penuhi nutrisinya. Catat ya, Bunda!

1. Sup krim ayam

Sup krim ayam umumnya terbuat dari kaldu ayam ditambah susu, bumbu dapur dan pengental seperti tepung. Sup krim ayam bisa dicampur sayuran untuk menambah nutrisi.

Dalam satu porsi sup krim ayam bisa mengandung sekitar 130 kalori. Tentunya ada kandungan karbohidrat, lemak, dan protein di dalamnya ya.

Untuk memenuhi nutrisi si Kecil yang hilang selama puasa, sebaiknya hidangkan sup buatan sendiri ya. Hindari membeli produk instan karena biasanya mengandung pengawet dan tinggi garam.

2. Buah-buahan

Buah-buahan penting untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Pilihkan jenis buah yang kaya akan air, seperti jeruk, semangka, atau anggur.

Selain menyegarkan, buah juga kaya nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Si Kecil bisa mengonsumsinya sebelum atau setelah makan utama.

Simak juga panduan keluarga Nabi dalam mengajarkan anak puasa, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MAKANAN ANAK BUKA PUSA: SUP DAGING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi