sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mengenalkan Surat Pendek Juz Amma pada Anak agar Mudah Dihapal

Annisa Karnesyia Minggu, 02 May 2021 21:30 WIB
Anak Puasa Cara Mengenalkan Surat Pendek Juz Amma pada Anak agar Mudah Dihapal/ Foto: iStock
Jakarta -

Puasa adalah salah satu ibadah yang bisa diajarkan ke anak saat bulan Ramadhan. Selain puasa, Bunda juga bisa lho mengenalkan ibadah lain ke anak. Salah satunya dengan membaca Juz Amma.

Juz Amma merupakan kumpulan surat pendek yang ada di Al-Qur'an. Dengan mengenalkan si Kecil Juz Amma, Bunda bisa membatu mereka belajar mengenal huruf hijaiyah.

Mengenalkan Juz Amma pada anak-anak berbeda dengan mengajarkan anak mengenal huruf latin. Menurut anggota Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh PP 'Aisyiyah, Dr. Hibana Yusuf, M.Pd., mengenalkan anak huruf hijaiyah di Juz Amma tidak perlu sampai memberikan konsep.


Banner Muslimahpedia untuk ArtikelFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

"Untuk Juz Amma atau membaca hijaiyah itu memang karakternya berbeda. Kalau membaca latin mengenalkan konsep, kalau huruf hijaiyah beda, tidak sampai mengenalkan konsep tapi lebih ke arah drill untuk mengenal huruf," kata wanita yang akrab disapa Ustazah Ana ini kepada HaiBunda, Kamis (29/4/21).

Lalu sejak usia berapa anak sudah bisa dikenalkan untuk membaca Jus Amma?

Ustazah Ana mengatakan bahwa sejak awal kita sudah bisa menstimulasi anak untuk menyukai Al-Quran. Misalnya, Bunda dapat membaca Al-Qur'an sambil mengajak si Kecil.

Bila anak melihat orang tuanya membaca Al-Qur'an, dia akan mulai tertarik untuk memulai. Saat itu kiat juga bisa menstimulasi anak untuk belajar melihat dan mengenal.

"Ketika ibu atau orang dewasa membaca Al-Qur'an, anak bisa kita pangku, lalu kita perlihatkan tentang bagaimana orang dewasa membaca surat-surat di Al-Qur'an," kata Ustazah Ana.

"Mereka akan melihat kalau orang tuanya senang membaca Al-Qur'an dan ini sudah merupakan stimulasi agar mereka ikut melihat atau membuka-buka lembaran Al-Qur'an," sambungnya.

Meski pada tahap awal si Kecil belum mengerti, kita dapat membuatnya menyukai kebiasaan ini, Bunda. Nah, pada usia yang lebih besar, yakni 4 sampai 5 tahun, Bunda bisa mulai meminta si Kecil menghapal surat pendek.

"Mungkin usia 4 sampai 5 tahun anak sudah mau. Tapi, prinsipnya tidak dipaksa atau anak harus dalam kondisi senang. Kalau sudah bisa, baru kita ajari huruf hijaiyah," ujar Ustazah Ana.

Lalu bagaimana memberikan pemahaman bahwa membaca Juz Amma juga bisa mendatangkan pahala ke anak?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga cara mengenalkan anak makna puasa, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MENGENALKAN JUZ AMMA SEBAGAI IBADAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi