sign up SIGN UP search


parenting

Alasan Lemak Wajib Ada di MPASI, Dorong Perkembangan Otak Bayi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 08 May 2021 16:54 WIB
ilustrasi anak makan telur caption
Jakarta -

Kebutuhan nutrisi bayi yang sudah lebih besar berbeda dengan di awal kelahirannya. Untuk memenuhi kebutuhannya, maka harus diberikan MPASI agar tumbuh kembang optimal ya, Bunda.

MPASI bisa dikenalkan sejak anak usia 6 bulan. Di usia ini, nutrisi mereka umumnya tidak bisa terpenuhi hanya dengan konsumsi ASI.

Pemberian MPASI tidak boleh sembarangan karena harus mengandung makronutrien dan mikronutrien yang penting untuk bayi. Kandungan makronutrien bisa didapatkan dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan, mikronutrien bisa diperoleh dari makanan sumber vitamin dan mineral.


"MPASI yang baik kaya akan energi, protein, dan mikronutrien, khususnya zat besi, seng, kalsium, vitamin A, C, dan asam folat," kata dokter spesialis anak, dr.Meta Hanindita, Sp.A, dalam buku Mommyclopedia Tanya Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak.

Banner Santriwati Dinikahi Miliuner ArabBanner Santriwati Dinikahi Miliuner Arab/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Meta menambahkan, MPASI yang baik juga mudah dimakan oleh bayi dan anak. Selain itu, MPASI tidak pedas, asin, mudah didapat, murah, dan disukai anak.

Salah satu kandungan penting MPASI adalah sumber lemak. Asupan lemak di MPASI diperlukan untuk menambah energi.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tidak ada batasan jumlah lemak dan kolesterol yang bisa dikonsumsi si Kecil. Terutama pada bayi di bawah usia dua tahun, Bunda.

"Di usia ini pertumbuhan dan perkembangan anak sangat cepat da membutuhkan asupan energi yang tinggi," ujar Meta.

Sumber lemak dalam makronutrien dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak lho, Bunda. Tidak selamanya makanan mengandung lemak tidak sehat. Asalkan, Bunda mencari sumber makanan sehat dan juga mengandung mikronutrien.

Lalu apa saja manfaat lemak di MPASI bayi? Bagaimana juga kebutuhan lemak untuk tubuh si Kecil?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga nutrisi anak susah makan menurut dokter, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MANFAAT SUMBER LEMAK DI MPASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!