sign up SIGN UP search


parenting

Bacaan Salat Lengkap yang Wajib Diajarkan ke Anak, Bisa Dimulai Sejak 7 Tahun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 11:30 WIB
Asian family praying together during ramadhan Cara mengajari anak salat/ Foto: Getty Images/ibnjaafar

Jakarta - Salat merupakan ibadah wajib bagi setiap umat Muslim. Namun sayangnya, tak sedikit orang malas mendirikan salat karena berbagai alasan.

Nah, agar hal itu tidak terjadi pada anak-anak, Bunda sudah dapat mengajari si kecil salat sejak usia dini. Meskipun belum bisa menghafal dan mengerti mengapa sebagai umat Muslim harus salat, setidaknya anak-anak akan memulai kebiasaan ini dari kecil ya.

Menilik dari laman Kemenag Sumsel, salat didefinisikan sebagai kegiatan berhadap hati kepada Allah sebagai bentuk ibadah dalam bentuk beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.


Adapun dalil ayat-ayat Al-Qur'an yang mewajibkan shalat antara lain :

Wa-aqiimush shalaata wa-aatu z zakaata war ka'uu ma'arraakiiin.

Artinya : Dan dirikanlah shalat, dan keluarkanlah zakat, dan tunduklah / ruku' bersama sama orang-orang yang pada ruku'. (QS. Al-Baqarah, ayat 43 )

Wa-aomish shalaata innash shalaata tanhhaa 'ani l fakhsyaa-i al munkari.

Artinya: Kerjakanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan yang jahat (keji) dan yang mungkar". (QS.-Al-'Ankabut, ayat 45 ) 

Perintah salat ini pun hendaknya ditanamkan ke dalam hati dan jiwa anak-anak dengan cara pendidikan yang cermat dan dilakukan sejak kecil sebagaimana tersebut dalam hadits Nabi Muhammad SAW:

Muru u aulaadaku m bish shalaat i wau m a b naa- u sab'i n wadhl-ribuuhu m'alaiha a wahu m abnaa u'asyrin.

Artinya : Perintahlah anak-anakmu mengerjakan shalat di waktu usia mereka meningkat tujuh tahun, dan pukullah (kalau enggan melakukan shalat) di waktu mereka meningkat usia sepuluh tahun"(H R Abu Dawud). 

Menurut anggota Majelis Pembinaan Kader PP Aisyiyah, Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., M.Ag., orang tua sudah mulai bisa mengajarkan dan membiasakan anak salat 5 waktu sejak usia 7 tahun. Namun harus benar-benar mendisiplinkan Si Kecil saat sudah berusia 9 tahun.

"Mendidik anak di usia mumayyiz, saat sudah bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Kalau usia 7 tahun sudah ada rules, nanti usia 9 tahun sudah ketat lagi. Tapi disesuaikan dengan sikon saja," kata Lailatis.

Berikut ini tata cara sholat yang perlu Bunda ketahui seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Berdiri tegak menghadap kiblat

Berdiri tegak menghadap kiblat dan niat mengerjakan salat. Niat salat dilafalkan sesuai salat yang dikerjakan, misalnya niat salat subuh dan sebagainya. 

2. Takbiratul ihram

Lalu, angkatlah kedua tangan serta membaca Allahu Akbar (Takbiratul Ihram).

Informasi lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda. 

Simak juga yuk tips mengajari anak dan mengaji seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
AJARI MEMBACA SURAT PENDEK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!