sign up SIGN UP search


parenting

7 Langkah Membersihkan Lidah Bayi agar Terhindar dari Jamur

Meita Fajriana Jumat, 04 Jun 2021 16:11 WIB
Mom brushes baby's teeth with a silicone brush that fits on her finger caption

Jakarta -  Merawat bayi baru lahir memang membutuhkan kehati-hatian ya, Bunda. Terlebih bagi seorang Bunda baru yang belum memiliki pengalaman mengasuh anak sebelumnya.

Begitu juga ketika akan membersihkan lidah bayi. Banyak ketakutan dan kecemasan karena takut menyakiti Si Kecil. Tapi sebaiknya tetap tenang ya Bunda, percayalah Bunda bisa melakukan apapun yang terbaik untuk Si Kecil. 

Melansir dari laman Healthline, sama halnya dengan orang dewasa, bakteri juga ada di dalam mulut bayi. Namun bedanya air liur untuk membersihkan mulutnya masih berjumlah sedikit. Sehingga sisa ASI menumpuk di lidah, inilah yang menyebabkan lapisan putih pada lidah bayi. Disarankan untuk segera dibersihkan sedini mungkin Bunda, agar tidak terlanjur terjadi masalah pada mulut Si Kecil.


Meski bayi belum memiliki gigi, namun rutin membersihkan lidahnya adalah kegiatan yang perlu dilakukan setiap sehabis menyusui Si Kecil ya Bunda. Banyak Bunda yang salah mengira bahwa putih pada lidah bayi adalah sariawan. Namun sebagian besar biasanya terjadi adalah karena jamur akibat lidah tidak dibersihkan setelah menyusu. Untuk memastikannya Bunda bisa berkonsultasi pada dokter ya.

Membersihkan lidah bayi akan mengangkat dan menghilangkan residu berupa lapisan putih pada lidah bayi tersebut. Bunda bisa menggunakan kain yang dibasahkan untuk membersihkan lidah bayi. Lakukan dengan hati-hati ya Bunda, karena bayi terlebih ketika baru lahir masih sangat sensitif.

Dengan rutin membersihkan lidah bayi, Bunda juga memperkenalkan anak tentang cara membersihkan mulut lebih dini. Bunda dan bayi tidak akan terkejut ketika akan membersihkan mulutnya dengan sikat gigi di kemudian hari. 

"Jika lidah bayi tidak dibersihkan, mikroorganisme mulai berkoloni di dalam alurnya. Jadi bersihkan lidah bayi setiap sehabis menyusu," kata Preetika Chandna seorang dokter gigi anak dan peneliti yang mempelajari kesehatan mulut bayi dikutip dari laman Insider.

Informasi lebih lengkap buka di halaman selanjutnya ya, Bunda.

 

Simak juga nih Bunda, informasi mengenai pertumbuhan gigi bayi. Klik video di bawah ya:

[Gambas:Video Haibunda]



LANGKAH-LANGKAH MEMBERSIHKAN LIDAH BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi