sign up SIGN UP search


parenting

Bunda Perlu Tahu, Ini Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Tepat

Rahmi Sarifa Selasa, 23 Feb 2021 10:55 WIB
Ada informasi mengenai berapa lama bayi tidur, bagaimana merawat tali pusat, memandikan bayi, pakaian bayi sampai cara membersihkan kemaluan bayi yang benar caption

Sebagai Bunda yang baru pertama kali memiliki bayi, tentunya masih bingung bagaimana cara perawatan yang tepat. Ada banyak informasi yang mudah Bunda dapat mengenai cara merawat bayi baru lahir, tapi Bunda harus berhati-hati dan pandai membedakan antara mitos dengan fakta, ya. 

Menjadi orang tua tentu merupakan perjalanan panjang, tapi setidaknya pahamilah apa yang harus Bunda lakukan di minggu-minggu awal kehadiran Si Kecil. Yuk, Bun, pelajari.

Merawat Tali Pusat

Tali pusat biasanya akan bertahan sampai beberapa hari setelah Si Kecil lahir. Nah, selama belum puput, tali pusat tidak perlu memberikannya apapun ya, Bun. Pastikan saja tali pusat tetap kering, jangan sampai terkena air seni ataupun kotoran Si Kecil saat buang air besar. Bunda juga tidak perlu menutupnya dengan popok maupun gurita.


Penting diingat, Bunda harus biarkan tali pusat terlepas sendiri. Jika terdapat tanda infeksi seperti kemerahan, atau berbau busuk, segera hubungi dokter ya Bunda agar permasalahan yang di alami Si Kecil dapat segera teratasi.

Memandikan Si Kecil

Bayi baru lahir belum perlu dimandikan karena masih memiliki lapisan pelindung yang di mana pelindung tersebut dapat menjaga suhu tubuh Si Kecil. Tetapi setelah enam jam sampai beberapa hari sebelum tali pusat lepas, Si Kecil dapat dilap dengan air hangat.

Banner tanaman hiasFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Waktu Tidur

Si Kecil yang baru saja lahir dapat tidur sampai total 20 jam, terpecah dalam periode 20 menit hingga 4 jam. Pada saat menidurkan Si Kecil, pastikan kamar harus bersuhu sejuk ya Bun, yakni tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. 

Posisi tidur Si Kecil yang dianjurkan adalah telentang ya Bunda, karena posisi seperti ini dapat mencegah Si Kecil mengalami sindrom kematian mendadak pada bayi.

Untuk melanjutkan membaca, tekan BACA HALAMAN SELANJUTNYA ya Bunda.

CARA MERAWAT BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi