sign up SIGN UP search


parenting

Suami Terlalu Cuek Bahkan Saat Bunda & Anak Sakit, Harus Bagaimana?

Annisa Karnesyia Selasa, 01 Jun 2021 12:10 WIB
Orang tua dan anak caption
Jakarta -

Kehadiran suami sama pentingnya dengan istri dalam rumah tangga. Hal ini pun mencakup soal menjaga dan mendidik anak, Bunda.

Namun, bagaimana bila suami justru berubah menjadi cuek atau enggak peduli, bahkan saat Bunda dan Si Kecil sedang sakit?

Kondisi rumah tangga ini bisa dialami siapa pun. Dalam psikologi, perilaku ini dapat disebut pengabaian emosional atau emotional neglect.


Banner Ibunda Celine Hamil Kembar

Menurut Elliot D. Cohen, Ph.D., founder dan editor di Journal of Applied Philosophy, pengabaian emosional termasuk dalam kegagalan memberikan dukungan emosional pada seseorang. Contohnya, orang tua yang secara emosional mengabaikan anaknya ketika dia gagal menunjukkan perhatian atau kasih sayang.

"Pengabaian emosional melibatkan kelalaian, yakni ketika seseorang tidak melakukan sesuatu yang cenderung bisa meningkatkan kesejahteraan emosional," kata Cohen, dilansir Psychology Today.

Sejauh ini, ada beberapa literatur yang menjelaskan tentang dampak dari pengabaian emosional anak ketika dia dewasa. Begitu pun tentang pengabaian emosional dalam pernikahan.

"Pengabaian emosional pada pasangan menikah, yaitu kondisi di mana seseorang tidak memberikan dukungan emosional yang harusnya diberikan," ujar Cohen.

Ada logika pembenaran dari penilaian tentang pengabaian emosional ini, Bunda. Misalnya, dalam hal mengasuh anak, tujuan orang tua adalah memberikan dukungan emosional, seperti kasih sayang dan pengertian.

Begitu pula dalam sebuah pernikahan yang melibatkan sistem pendukung emosional ini. Inti dari sebuah hubungan adalah menyediakan kerangka kerja untuk berbagi pengalaman hidup, baik positif atau negatif, saling pengertian, menjaga keintiman, serta kepedulian.

"Semua dapat bervariasi dan bergantung pada pihak-pihak dalam hubungan tersebut, tingkat dukungan emosional, dan keterlibatan yang diperlukan untuk membuat hubungan tersebut berhasil," kata Cohen.

Menghadapi suami cuek dan tak peduli dengan Bunda dan anak memang tak mudah. Lalu, bagaimana cara terbaik menghadapi situasi ini?

Baca halaman selanjutnya, Bunda.

Simak juga cara Shahnaz Haque membesarkan anak-anaknya yang beranjak dewasa, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGHADAPI SUAMI CUEK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi