sign up SIGN UP search


parenting

Sariawan pada Anak: Faktor Penyebab & Cara Mengatasinya dengan Obat Tradisional

Tim HaiBunda Rabu, 30 Jun 2021 16:15 WIB
Mother giving syrup with syringe to her cute little son caption
Jakarta -

Sariawan, ini adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja dan dapat mengganggu kenyamanan saat makan. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, Bun tapi juga anak-anak.

Sariawan pada anak akan terasa lebih berat untuk Bunda mengingat penyakit ini bisa membuat Si Kecil rewel. Maka itu pula diperlukan obat yang tidak terlalu menyakitkan sehingga mengurangi rasa ketidaknyamanan anak.

Sebenarnya apa sih Bun yang menimbulkan sariawan pada anak? Faktor apa saja penyebabnya? Simak jawabannya berikut.


Banner Resep Masakan Rendah KaloriFoto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Faktor Penyebab Terjadinya Sariawan Pada Anak

Sebelum mengetahui apa obat sariawan anak yang perlu untuk digunakan, perlu untuk Bunda ketahui apa saja sebenarnya penyebab dari sariawan. Ketahui pula Bun kenapa ia dapat muncul pada bagian bibir, gusi, dan lidah.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya sariawan ini. Salah satunya yaitu karena kurangnya vitamin C dan sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah. Bisa juga karena munculnya alergi makanan tertentu yang dikonsumsi.

Tidak hanya itu, tingkat stres yang dialami cukup tinggi dapat juga membuat sariawan menjadi lebih mudah untuk muncul bersamaan dengan adanya infeksi bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Sariawan juga bisa muncul karena adanya cedera atau trauma yang menyerang area sekitar mulut.

Cara Menyembuhkan Sariawan pada Anak

Seperti disebutkan di atas, Bun sariawan umumnya karena kekurangan vitamin C. Maka itu cara pengobatan terbaik adalah sebagai berikut;

  1. Asup buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi dan disajikan dengan cara yang mereka suka. Misal: jus jeruk, pisang cokelat, atau pun air lemon. Ketiga buah ini mengandung vitamin C yang cukup untuk melawan sariawan.
  2. Kumur air rebusan sirih di pagi dan malam sebelum tidur.
  3. Kumur air yang sudah dicampur sesendok teh garam. Lakukan dua kali dalam sehari.

Semua pengobatan ini bisa ampuh melawan sariawan apabila ditunjang dengan konsumsi makanan bergizi ya, Bun. Jangan lupa untuk memberikan mereka menu makanan yang seimbang dari karbohidrat, protein, hingga serat.

Meski demikian, cara terbaik dari sebuah pengobatan adalah pencegahan. Cegah sariawan dengan sayuran dan buah yang kaya vitamin ya, Bun. (PK)

Waspada apabila sariawan tersebut tidak juga sembuh bahkan bertambah parah. Bahkan dibarengi dengan gusi yang berdarah. Sebab, itu merupakan sinyal dari tubuh adanya 'sesuatu' yang lain. Simak penjelasannya dalam video berikut ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi