sign up SIGN UP search


parenting

5 Obat Sakit Gigi Anak Ala Rumahan, Bantu Redakan Nyeri Si Kecil

Kinan Selasa, 06 Jul 2021 19:50 WIB
One year old baby crying in bed with a teddy bear caption

Sakit gigi menjadi salah satu keluhan anak yang paling rentan terjadi. Sebab anak cenderung kurang memperhatikan kesehatan mulut dan giginya. Jika terlanjur terjadi, adakah obat sakit gigi alami yang bisa digunakan?

Ya, sebelum memberikan obat medis, penggunaan obat sakit gigi anak dari bahan rumahan bisa jadi alternatif. Tapi jangan lupa cari tahu dahulu penyebabnya ya, Bunda.

Dilansir Healthline, mengetahui penyebab sakit gigi akan membantu pengobatan dan mencegah nyeri datang lagi.


Pilihan obat sakit gigi anak dari bahan alami

Kebanyakan sakit gigi tidak berlangsung terlalu lama, terutama jika sakitnya disebabkan oleh masalah gigi sensitif.

Apa saja pilihan obat sakit gigi anak dari bahan alami yang bisa digunakan? Berikut ulasannya:

1. Kumur air garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah obat sakit gigi lini pertama yang efektif, termasuk untuk anak.

Air garam merupakan disinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin menempel di sela-sela gigi.

Mengobati sakit gigi anak dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut jika ada.

Untuk menggunakan obat sakit gigi anak ini, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres dingin

Bunda juga dapat menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit gigi pada anak. Tempelkan handuk berbalut es di pipi anak, guna menyempitkan pembuluh darah di area tersebut agar rasa sakitnya berkurang.

Selain itu, sensasi dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Untuk menggunakan pereda sakit gigi anak ini, siapkan kantong es yang dibungkus handuk, lalu tempelkan ke pipi. Tepatnya pad area yang terasa nyeri selama sekitar 20 menit. Bunda dapat mengulanginya setiap beberapa jam.

3. Kantong teh celup peppermint

Kantong teh celup peppermint dapat digunakan sebagai obat sakit gigi anak, tepatnya untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Bunda bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sudah terpakai.

Diamkan sesaat agar menjadi cukup hangat, lalu oleskan ke area yang terkena. 

Selain dalam kondisi hangat, kantong teh peppermint juga bisa dipakai saat dingin. Masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya, lalu tempelkan kantong teh tersebut ke gigi anak. 

4. Bawang putih

Selama bertahun-tahun, bawang putih telah dikenal dapat menjadi bahan alternatif bagi kesehatan. Salah satunya dipercaya bisa menjadi obat sakit gigi anak yang alami. 

Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, kandungan dalam bawang putih juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi anak, hancurkan satu siung bawang dan jadikan seperti bentuk pasta. Oleskan ke area gigi yang sakit.

Namun demikian, perhatikan reaksi anak ya, Bunda. Seperti diketahui, bawang putih memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat.

5. Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri alami dan dapat membantu menghancurkan bakteri mulut penyebab sakit gigi. 

Untuk membantu meredakan sakit gigi anak, oleskan gel lidah buaya ke area yang sakit dan pijat dengan lembut.

Penyebab sakit gigi pada anak

Selain mengetahui apa saja ragam obat sakit gigi anak dari bahan rumahan yang bisa dipakai, Bunda sebaiknya juga memahami faktor-faktor penyebab sakit gigi pada anak. Berikut daftarnya:

Kerusakan gigi

Jika rasa sakit berlanjut lebih dari sehari, bisa jadi penyebabnya adalah kerusakan pada gigi. Ini bisa dilihat juga dari adanya noda kuning atau kecokelatan pada lapisan email. Kerusakan paling rentan terjadi pada gigi geraham.

Abses gigi

Apabila rasa sakitnya parah dan terasa berdenyut, pembusukan telah menjadi abses gigi. Itu berarti kantong nanah telah terbentuk di dalam akar gigi dan membuatnya nyeri. 

Retakan pada enamel

Menggigit benda keras secara tidak sengaja dapat membuat gigi retak. Jika sudah demikian, gigi menjadi sensitif terhadap panas dan dingin. Gigi mungkin terlihat normal, tetapi jika diperhatikan ada garis retakan pada lapisannya. 

Penyakit gusi

Gingivitis adalah nama medis untuk gusi yang teriritasi, yang biasanya akan terlihat lebih merah. Jika diabaikan, gusi bahkan bisa berdarah dan sangat menyakitkan. 

Makanan tersangkut

Makanan keras dapat terjepit di antara dua gigi. Flossing yang tepat akan membersihkan makanan, sekaligus menghentikan rasa sakit.

Pengobatan sakit gigi anak yang justru memperparah nyeri

Ada beberapa pengobatan rumahan yang justru berpotensi membuat sakit gigi anak lebih parah dari sebelumnya. Cara-cara ini sebaiknya dihindari ya, Bunda:

  • Menusuk gigi yang sakit dengan lidah, tusuk gigi atau jari
  • Minuman dan makanan yang sangat panas atau sangat dingin, sebab dapat menyebabkan rasa sakit terasa semakin tajam 
  • Makanan manis dapat memperburuk sakit gigi 

Kapan sakit gigi pada anak dianggap darurat?

Semua jenis sakit gigi memerlukan perawatan yang tepat, tetapi ketika sakitnya sudah makin parah, jangan tunda ke dokter gigi. Termasuk jika obat sakit gigi anak dari bahan rumahan yang tak kunjung membuat nyerinya mereda.

Beberapa tanda dan gejala sakit gigi pada anak sudah dalam kondisi darurat:

  • Pembengkakan di rahang, sekitar mulut atau di leher
  • Kurangnya sensasi atau mati rasa di sekitar gigi yang sakit
  • Sakit kepala 
  • Nyeri yang menjalar ke seluruh rahang

Jika rasa sakit menjadi lebih buruk atau tidak hilang dalam 24 jam, hubungi dokter gigi. Bergantung pada kondisi gigi, selain diberi tindakan apabila diperlukan dokter mungkin akan juga memberi resep obat antinyeri.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi