sign up SIGN UP search


parenting

5 Doa Saat Turun Hujan yang Bisa Diajarkan kepada Si Kecil

Nanie Wardhani Selasa, 20 Jul 2021 14:20 WIB
Little cute girl is watching from window to the rain with sadness get bored. . High quality photo caption

Kondisi cuaca kini sudah semakin sulit untuk ditebak. Kadang panas, kadang juga bisa tiba-tiba hujan ya, Bunda. Kondisi seperti ini sering mengganggu aktivitas dan bahkan bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang fit karena perubahan yang tiba-tiba. Namun walau begitu, setiap turun hujan sesungguhnya adalah anugerah yang diturunkan oleh Allah SWT untuk kita manusia di muka bumi ini. 

Tidak hanya untuk diamalkan sendiri, tetapi mensyukuri turunnya hujan dan memohon perlindungan Allah SWT dari keburukan yang bisa disebabkan oleh hujan adalah hal-hal yang perlu diajarkan juga kepada Si Kecil, Bun, agar kelak di kemudian hari Si Kecil terbiasa untuk mengamalkan doa turun hujan.

Seperti dikutip dari detikcom, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam seperti diriwayatkan dalam sejumlah hadits memberikan tuntunan mengenai doa-doa yang dibaca ketika turun hujan. 


Ada sejarahnya juga lho Bunda, sehingga umat Islam dianjurkan membaca doa saat hujan turun, hujan disertai petir juga ketika hujan sedang berhenti. Berikut sejarahnya: Suatu hari, ketika terjadi hujan lebat, wajah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang biasanya cerah bersinar mendadak berubah. Wajah sang penghulu rasul yang lemah lembut itu mendadak pucat. Wajah putra Abdullah bin Abdul Muthalib itu akan kembali cerah bersinar setelah hujan reda.

Aisyah radhiyallahu anha sang istri pun bertanya kepada Rasulullah,""Ya Rasulullah, apabila terlihat awan mendung semua orang merasa gembira karena menandakan hujan akan turun, tetapi mengapa engkau justru terlihat ketakutan?"

Kepada Aisyah binti Abu Bakar, Rasulullah SAW pun menjawab, "Wahai Aisyah, bagaimana saya dapat meyakini bahwa angin kencang dan awan mendung itu bukan mendatangkan adzab dari Allah? Kaum `Ad telah dibinasakan oleh angin topan. Ketika mereka melihat awan mendung, mereka gembira karena mengira akan segera turun hujan. Padahal bukan hujan, melainkan azab Allah untuk membinasakan mereka."

Demikian sejarahnya, Bun. Lalu untuk mengajarkan Si Kecil membaca doa di kala hujan, maka berikut beberapa bacaan doanya yang bisa Bunda ajarkan kepada Si Kecil.

Doa ketika turun hujan

Diriwayatkan dalam hadits Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan:

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

Arab-Latin 'Allahumma shoyyiban nafi'an'."

Artinya : Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat

Doa ketika turun hujan lebat

Kisah di atas diriwayatkan dalam Hadits Al-Bukhari di Kitab Awal Penciptaan. Berdasarkan Hadist Riwayat Bukhari, berikut ini doa ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW:

Arab : اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latin : Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya : Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

Doa ketika hujan disertai angin kencang

Imam Muslim dalam salah satu hadits meriwayatkan bahwa saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa angin kencang berikut ini:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Arab-Latin: Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Doa ketika hujan disertai petir

Diriwayatkan dalam hadits Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa ketika hujan diawali atau disertai petir berikut ini:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Arab-latin : Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.

Doa meminta hujan berhenti

Di zaman Rasulullah SAW juga pernah terjadi hujan deras selama beberapa hari. Akibatnya banyak akses jalan terputus, stok makanan membusuk dan aktivitas umat terhambat.

Nabi kemudian memanjatkan doa pada Allah SWT untuk menolong umatnya:

اللَّهُمّحَوَالَيْنَاوَلَاعَلَيْنَا,اللَّهُمَّعَلَىالْآكَامِوَالْجِبَالِوَالظِّرَابِوَبُطُونِالْأَوْدِيَةِوَمَنَابِتِالشَّجَرِ

Arab-latin: Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan." (HR Bukhari).

Demikian berbagai doa turun hujan yang bisa dibaca di kondisi hujan yang berbeda-beda, Bunda. Dengan mengajarkannya kepada Si Kecil dari sejak dini maka akan membentuk kebiasaan baik yang akan berguna bagi Si Kecil sampai dia dewasa kelak.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi