sign up SIGN UP search


parenting

Pentingnya Mencukupi Nutrisi Anak agar Lebih Mudah Menyerap Pelajaran

Annisa Afani Minggu, 11 Apr 2021 18:16 WIB
Mother helping daughter with homework caption
Jakarta -

Tak hanya soal perekonomian yang kena dampak pandemi COVID-19, perkembangan pendidikan di Tanah Air juga ikut kena imbas, Bunda.

Akibatnya, pemerintah dan guru pun harus terus memutar otak untuk mencari jalan keluar dan menghadapi masalah tersebut dengan tepat. Sehingga, pelajar diharapkan tak kehilangan hak mereka menuntut tetap ilmu.

Model pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, dalam waktu singkat diubah ke dalam platform jaringan (daring) atau dari offline ke online. Ini tentunya membuat siapapun akan mengalami keterkejutan.


Yang mana, hal tersebut pun menjadi tantangan baru lainnya. Karena mau tak mau, pemerintah harus berupaya lagi demi meningkatkan kemampuan guru, dosen, dan peserta didik untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Banner nasi tak cepat basi

Selain itu, keterbatasan infrastruktur jaringan internet, ketiadaan peralatan komputer, guru yang gagap teknologi informatika, pendampingan kepada peserta didik selama belajar di rumah menjadi hal lain yang tidak kalah peliknya.

Sehingga, ketidakmaksimalan proses belajar yang berlangsung seolah menjadi hal yang wajar dan penuh pemakluman. Karena di baliknya, ada banyak perjuangan yang mesti dilalui dan tak selalu berhasil dihadapi, baik bagi siswa maupun guru dari setiap daerah di Indonesia.

"Dari aspek kebijakan publik, tantangan terbesar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah mengoptimalkan pembelajaran sistem daring untuk memperluas jangkauan ke seluruh wilayah tanah air. Di tengah keterbatasan anggaran, Kemendikbud harus mengeluarkan kebijakan inovatif yang lebih menekankan pada kualitas pembelajaran berbasis teknologi informasi," tutur Trubus Rahadiansyah, selaku Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, dikutip dari laman jendela.kemendikbud.go.id.

Nah Bunda, selain terkait dibutuhkannya pembangunan infrastruktur serta teknis yang mendukung pembelajaran anak, ada hal penting lainnya yang bisa Bunda lakukan sebagai orang tua. Salah satu di antaranya dengan memastikan gizi yang didapatkan anak.

Pemenuhan gizi yang seimbang bagi anak ini bisa dimulai dengan kebiasaan makan yang baik, Bunda. Dengan begitu, nutrisi yang dibutuhkan dan terpenuhi tersebut akan memaksimalkan kerja otak anak dalam menyerap ilmu selama proses pembelajaran berlangsung.

"Kebiasaan makan yang baik menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Karena dengan begitu, fungsi kerja otak anak dalam menyerap pengetahuan akan lebih maksimal," tutur Connie Ang selaku President Director Danone Specialized Nutrition Indonesia dalam acara Virtual Press Conference Ruang Belajar Generasi Maju dan Kelas Generasi Maju pada Selasa (6/4/2021).


Simak informasi selanjutnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga tips Putri Keraton Yogyakarta, GKR Bendara, saat atur emosi dalam bimbing anak selama sekolah di rumah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KESEHATAN DAN PENDIDIKAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi