sign up SIGN UP search


parenting

Kuota Internet Gratis Kemendikbud Akan Cair, Catat Jadwalnya Bun!

Asri Ediyati Kamis, 02 Sep 2021 08:15 WIB
Mother using smart phone and helping daughter with homework at the table in dining room by the window caption
Jakarta -

Kabar baik untuk para pelajar dan tenaga pendidik nih, Bunda. Bantuan paket kuota data internet Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan cair mulai September ini. 

Untuk Bunda ketahui, bantuan ini merupakan kelanjutan dari tahun lalu sebagai upaya pemerintah menjalankan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online saat pandemi COVID-19. Target penerima 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia.

Merujuk pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerima bantuan kuota data internet pada tahun 2021.


Untuk peserta Didik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah syaratnya harus terdaftar di aplikasi data pokok pendidikan (dapodik) dan memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orang tua/anggota keluarga/wali.

Sedangkan untuk mahasiswa, harus terdaftar di aplikasi pangkalan data pendidikan tinggi (PDDikti), berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree), memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan, dan memiliki nomor ponsel aktif.

Nama Bayi Jawa

Adapun perincian bantuannya bagi peserta didik PAUD yakni kuota internet sebesar 7 Gigabyte (GB) per bulan, peserta didik SD hingga SMA sebesar 10GB per bulan, pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 12GB per bulan, lalu pada mahasiswa dan dosen sebanyak 15 GB per bulan.

Nah, yang berbeda dengan bantuan kuota internet Kemendikbud pada tahun lalu, untuk sekarang paket data tersebut hanya tersedia kuota umum saja.

"Satu hal yang perlu diingati bantuan kuota di 2021 untuk mendukung proses pembelajaran. Kami memberikan fleksibilitas kuota umum untuk digunakan mengakses semua lama dan aplikasi, kecuali yang diblokir Kemkominfo," ujar Nadiem.

Ya, beberapa waktu lalu, disebut Nadiem, bantuan kuota internet ini tidak bisa dipakai untuk buka Facebook, Instagram, dan TikTok, Bunda.

"Di luar Facebook, Instagram, TikTok, hampir semua bisa digunakan kuota internet ini. Sekarang dengan kuota umum seperti ini, jauh lebih mudah semua bisa digunakan, termasuk YouTube," kata Nadiem Makarim.

Nadiem mengungkapkan bantuan kuota Kemendikbudristek ini akan disalurkan pertengahan bulan September sampai November. Tanggal berapa tepatnya?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(aci/fir)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!