sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Haidar, Siswa SMP Asal Bogor Lolos Ilmu Kedokteran Universitas Harvard

Annisa A Selasa, 07 Sep 2021 12:00 WIB
Little professor solving math problem on blackboard caption
Jakarta -

Pelajar Indonesia kembali mencetak prestasi di Amerika Serikat. Setelah bocah 14 tahun yang jadi mahasiswa termuda di Washington, kini viral kisah siswa kelas 8 yang masuk Universitas Harvard.

Kisah itu bermula ketika seorang pemilik akun Twitter @agungmrheza mengungkapkan prestasi keponakannya yang lolos program pra kedokteran Universitas Harvard.

Padahal, netizen bernama Agung M Rheza itu mengatakan bahwa keponakannya baru menduduki bangku SMP atau kelas 8, Bunda.


"Keponakan saya diterima di Future Doctors Program dari Harvard. Kelas 8 disuruh belajar genetik & imunolog oh my god. Break a leg Bang Haidar!" tulis akun @agungmrheza pada Rabu (1/9/2021), pekan lalu.

Banner tanaman hias pembawa hokiBanner tanaman hias pembawa hoki/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Kisah inspiratif ini datang dari Abiyusyah Haidar Rainier atau yang akrab disapa Haidar. Ia tengah menempuh pendidikan di Sekolah Bogor Raya. Dalam cuitannya, Agung juga menuturkan bahwa keponakannya itu mengikuti program 'Summer School'.

Sekolah Haidar ternyata memiliki afiliasi dengan Universitas Harvard. Haidar yang bercita-cita menjadi dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskular itu pun mendaftar dan lolos seleksi.

Ibunda Haidar, Alfa Meutia menjelaskan program Summer School yang diikuti oleh anaknya merupakan Future Doctors Program Harvard. Program itu membekali peserta dengan fakta perkuliahan seputar dunia medis.

Ia menjelaskan, program tersebut diberikan dalam bentuk kursus secara daring selama dua minggu di bulan September 2021. Meski tak belajar secara langsung di Amerika, Haidar tetap dapat memperluas wawasan lewat kegiatan belajar Universitas Harvard.

"Jadi tujuan dari program ini nanti akan memperkenalkan apa saja yang bisa dilakukan di bidang kesehatan. Karena kan, terlibat di (bidang) kesehatan belum tentu harus menjadi dokter," ujar Meutia.

Selama dua pekan, bocah SMP itu akan mempelajari modul genetik, endokrinologi, imunologi, hormon, dan lainnya. Menurut Ibunda, Haidar sejak dulu sudah tertarik dengan mata pelajaran bologi, kimia, dan matematika.

Sejak kecil, Haidar telah menunjukkan ketertarikan pada dunia medis yang berhubungan dengan manusia. Namun ia baru menekuni ilmu biologi, kimia, dan fisika ketika menduduki bangku sekolah menengah.

Haidar tidak dipaksa untuk menekuni ilmu kedokteran. Ia mengikuti program dari Universitas Harvard atas kemauan sendiri.

Apa saja kemampuan Haidar yang masih kelas 2 SMP? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

 

[Gambas:Video Haibunda]



(anm)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!