sign up SIGN UP search

parenting

Tips Didik Anak ala Ibunda Haidar, Siswa SMP yang Lolos Pogram Pra Kedokteran Harvard

Annisa Afani Sabtu, 18 Sep 2021 18:17 WIB
A. Haidar Rainier caption
Jakarta -

Bunda ingat dengan A. Haidar Rainier atau yang akrab disapa Haidar? Beberapa waktu lalu, siswa kelahiran Bogor, 25 April itu sempat viral di Twitter karena berprestasi dan berhasil lolos program pra kedokteran dari Learn with Leaders dengan Harvard Student Agencies.

Bunda tentunya merasa penasaran, ya. Kira-kira bagaimana sih cara ibundanya mendidik siswa kelas 8 ini hingga berhasil meraih kesempatan emas tersebut?

Nah belum lama ini, HaiBunda mewawancarai ibunda Haidar, yakni dr. Alfa P. Meutia Sp.OG (K), untuk berbincang mengenai buah hatinya, Bunda.


Dokter spesialis kandungan itu menceritakan bagaimana keluarganya mendidik Haidar sejak kecil. Katanya, hal yang perlu diperhatikan yakni mengenal Haidar lebih dalam untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya.

"Setiap orang tua memiliki caranya masing-masing untuk mendekati dan mengenal anaknya. Menurut saya, mengenali kelebihan dan kekurangan anak akan membantu orang tua untuk meningkatkan potensi anak secara optimal," ujar ibunda Haidar, Meutia.

Tentunya, upaya tersebut dilakukan bersama keluarga besar, tak hanya ayah dan ibunda Haidar saja. Ada peran kakek-nenek, hingga guru-guru di sekolahnya.

"Haidar merupakan anak pertama dan cucu pertama sehingga saat itu merupakan pengalaman pertama bagi kami. Awalnya kami overprotektif dan mengikuti hampir semua kemauannya, tapi ternyata itu membuat dia menjadi pemalu dan tidak menikmati lingkungan sekolah," ungkap Meutia.

5 Efek Alat KB Suntik

"Namun dengan bantuan pihak sekolah, kami mencoba mengerti apa yang dibutuhkan Haidar dan akhirnya dia bisa mengembangkan potensinya seperti sekarang. Kami mencontohkan Haidar bagaimana berkomunikasi yang baik, santun, menyenangkan, karena anak-anak lebih mudah meniru dibandingkan hanya diberi instruksi, ini lah yang kami kerjakan," tuturnya.

Kecerdasan Haidar pun sebetulnya sudah terlihat ketika ia masih kecil, Bunda. Karena berada di lingkungan keluarga dokter, ia terus menunjukkan ketertarikannya dengan dunia medis.

Berlanjut dari hal tersebut, Haidar juga sering mengutarakan banyak pertanyaan. Ia lantas banyak belajar tentang sesuatu yang baru dan tekun untuk terus melakukannya hingga paham dan mahir.

"Haidar merupakan anak yang cerdas, tapi saya lebih senang lagi karena dia tekun. Sejak kecil bila sudah suka sesuatu, maka dia akan mengerjakannya terus sampai mahir, sehingga akhirnya dia punya banyak hobi yang dikuasai," ungkap sang bunda.

"Ketertarikan dengan ilmu terutama kedokteran sudah terlihat dari kecil, mungkin sekitar usia 5 tahun. Karena banyak pertanyaan yang muncul tentang medis dan saya coba jelaskan dengan sederhana sesuai faktanya dan ternyata dia malah semakin tertarik."

"Jadi pertanyaan-pertanyaan bertambah dan antusiasmenya makin terlihat. Ketekunan merupakan hal yang penting menurut saya, bukan hanya kecerdasan," sambungnya.

Selain itu, hal apa lagi yang diajarkan kepada Haidar? Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga 5 olahraga yang bisa menambah tinggi badan anak:

[Gambas:Video Haibunda]

AJARKAN HAIDAR NILAI HIDUP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!