sign up SIGN UP search


parenting

Hebat! Remaja 15 Tahun Asal Lamongan Jadi Mahasiswa Kedokteran Unair Termuda

Annisa A Selasa, 14 Sep 2021 22:15 WIB
Rahasia Albarr, jadi Mahasiswa FK Unair Usia 15 Tahun 9 Bulan caption
Jakarta -

Anak berprestasi bernama Ainun Albarr Qolby Mecca disorot publik lantaran menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) termuda di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur. Ia masuk kuliah di usia 15 tahun 9 bulan, Bunda.

Bocah asal Lamongan, Jawa Timur, itu diberikan gelar Ksatria Airlangga termuda tahun ajaran 2021/2022 oleh Unair. Ia akan mempelajari ilmu kedokteran selama berkuliah di sana.

Remaja yang akrab disapa Albarr itu telah menempuh jalan panjang untuk masuk ke Universitas Airlangga, Bunda. Ia mengikuti berbagai seleksi hingga jalur tes Mandiri demi menjalankan studi kedokteran di FK Unair.


Tak hanya itu, Albarr juga mengalami hambatan dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Namun, ia memiliki kakak dan teman yang selalu memberikan semangat untuk tetap maju.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah MewahBanner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah/ Foto: HaiBunda/Mia

Melansir situs resmi Unair, Albarr mengatakan bahwa keluarganya punya peran penting dalam mendukungnya belajar. Ia difasilitasi dengan berbagai kebutuhan belajar. Albarr juga bersyukur memiliki teman yang selalu memberikan motivasi.

"Teman-teman saya tidak kalah pentingnya. Saya sering belajar bersama dengan mereka dan mereka juga sangat mendukung impian besar saya untuk menjadi dokter. Perjuangan hingga akhirnya diterima di UNAIR sangat berarti," tutur Albarr.

Ikut Olimpiade Internasional

Sebelum lolos seleksi FK Unair, Albarr sudah sering mengikuti berbagai kompetisi di bidang ilmu medis. Salah satunya yaitu Olimpiade Kedokteran Internasional yang dihelat pada tahun lalu.

"Ketika SMA, saya ikut Olimpiade Kedokteran Internasional MEDSPIN 2020 yang diselenggarakan Unair hingga babak final. Selain itu, saya pernah menjadi peserta termuda di Lomba Kuis Kihajar yang diselenggarakan Kemendikbud," ujarnya.

Ketika menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Lamongan, Albarr yang cerdas mengikuti program akselerasi. Berkat akselerasi, remaja kelahiran 30 November 2005 ini menjadi lebih fokus dan cepat dalam mencapai target pembelajaran.

Kisah Albarr sebagai mahasiswa termuda FK Unair tentu jadi inspirasi bagi banyak remaja seusianya. Albarr juga punya pesan nih untuk teman-teman yang ingin masuk FK Unair. Bunda penasaran apa rahasianya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Saksikan juga video kisah remaja 14 tahun dari Indonesia yang menjadi mahasiswa termuda di Washington University, Amerika Serikat.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!