sign up SIGN UP search


parenting

11 Keutamaan Sholawat Bisa Bunda Ajarkan kepada Si Kecil

Nanie Wardhani Selasa, 14 Sep 2021 21:30 WIB
A female adult is putting both hands together for 'doa' (Muslim way of praying) during partial lockdown in Malaysia. Ilustrasi keutamaan sholawat/ Foto: Getty Images/Alex Liew

Bunda sudah pernah mengajarkan mengenai keutamaan sholawat Nabi Muhammad SAW kepada Si Kecil? Jika belum, mungkin kini saat yang tepat, Bunda. Namun sebelumnya, apa sih sholawat nabi itu? Sholawat nabi adalah ungkapan sanjungan, kekaguman dan permohonan seorang hamba kepada Allah SWT melalui ungkapan mulia agar Allah senantiasa memuliakan Nabi Muhammad SAW, Bunda. 

Mengapa kita perlu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW? Bukankah beliau sudah mendapat jaminan masuk surga dari Allah SWT? Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama RI, jawabannya tentu karena Allah Ta’ala sebagai Pencipta beserta para malaikat telah memberikan contoh yang kemudian disambung dengan seruan untuk bershalawat dan bertaslim. Selain itu juga dengan bacaan sholawat kita kepada Rasulullah SAW, kita mengharapkan kucuran rahmat dan berkah melalui hamba yang agung pilihan Rabb.

Banyak sekali dalil yang menunjukkan keutamaan membaca sholawat nabi. Anjuran untuk bersholawat dapat ditemukan dalam Al-Qur’an dan hadits. Anjuran membaca shalawat pertama sekali dapat ditemukan pada di dalam Al-Qur'an pada Surat Al-Ahzab ayat 56.


 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 

Artinya, "Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (Surat Al-Ahzab ayat 56). 

Keutamaan membaca shalawat terdapat dalam berbagai riwayat hadits. Keterangan perihal ganjaran pahala yang berlipat untuk amal shalawat dapat ditemukan pada hadits riwayat Imam Muslim berikut ini: 

 مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya, “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali,” (HR Muslim). Shalawat nabi memiliki banyak keutamaan bagi yang mengamalkannya. Selain soal ganjaran pahala, amal shalawat nabi juga dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat orang yang mengamalkannya sebagaimana hadits riwayat An-Nasa’i berikut ini: 

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ 

Artinya, "Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali, menghapus sepuluh dosanya, dan mengangkat derajatnya sepuluh tingkatan," (HR An Nasa’i)

Dikutip dari buku Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW oleh Ustadz M. Kamaluddin S.Pd. I.MM, membaca sholawat juga memiliki kandungan arti yang berbeda. Jika sholawat datang dari Allah berarti pemberian rahmat, jika datang dari malaikat berarti memintakan ampunan dan jika sholawat datang dari orang-orang beriman maka mereka berdoa untuk diberi rahmat.

Keutamaan membaca sholawat Nabi:

Berdasarkan buku Sholawat Nabi Muhammad SAW, Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menjelaskan beberapa keutamaan dan karamah membaca sholawat nabi atas Rasulullah SAW:

  1. Sebagaimana perintah sholawat dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab (33) ayat 56, sholawat adalah doa yang ditujukan kepada Rasulullah SAW sebagai bukti rasa cinta dan hormat kita kepadanya. Ia doa dari para malaikat, bahkan Allah SWT memerintahkan malaikat untuk mendoakan mereka yang bersholawat.
  2. Keselarasan Allah SWT dalam bersholawat atas Rasulullah SAW. Meskipun sholawatnya berbeda, sholawat kita atasnya bermuatan doa dan permohonan, sedangkan sholawat Allah atasnya bermuatan pujian dan pengagungan.
  3. Keselarasan atas Malaikat-Nya dalam bersholawat. Sholawat dari Allah SWT berarti memberi rahmat bagi Rasul-Nya, sedangkan dari malaikat berarti memohon ampunan (istighfar) baginya. Sebagaimana dalam HR An-Nasa'i, Rasulullah SAW bersabda, "Malaikat Jibril datang kepadaku sambil berkata, 'Sangat menyenangkan untuk engkau ketahui wahai Muhammad bahwa untuk satu sholawat dari umatmu, akan kuimbangi dengan sepuluh doa baginya, dan sepuluh salam bagimu, akan kubalas dengan sepuluh salam baginya."
  4. Seorang yang bersholawat akan memperoleh 10 sholawat dari Allah SWT. Berdasarkan dalam HR Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Orang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali." Itu berarti Allah SWT akan memberi sepuluh rahmat bagi orang yang bersholawat kepadaku meski hanya satu kali."
  5. Derajatnya diangkat sepuluh derajat oleh Allah SWT. Sesuai hadits Rasulullah yang berbunyi, "Barangsiapa bersholawat satu kali saja, Allah akan memberi sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya."
  6. Sepuluh keburukan dihapus darinya. Membacakan satu kali saja sholawat akan mendapat sepuluh rahmat dari Allah SWT sekaligus dihapus sepuluh keburukannya.
  7. Apabila mengawali doa dengan sholawat, diharapkan akan diijabah, karena sholawatlah yang akan mengantarkan doanya di sisi Allah SWT.
  8. Menjadikan kifarat atau ampunan terhadap dosa. Ini jelas karena dengan bersholawat, sepuluh keburukan dihapuskan. Itu berarti menjadi kifarat yang menghapus dosa kita.
  9. Sholawat menjadikannya seorang hamba yang dekat dengan Rasulullah SAW pada Hari Kiamat kelak. Ini karena pembaca sholawat kelak akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah di akhirat. Itu berarti ia akan dekat dengan beliau.
  10. Sholawat nabi merupakan bentuk sedekah bagi orang yang tidak mampu bersedekah.
  11. Sholawat nabi menjadikannya dipenuhi hajat-hajatnya seseorang. Sama halnya seperti dalam penjelasan sholawat akan mencukupkan apa yang diinginkannya. Jika kita ikhlas bersholawat untuk Rasulullah, niscaya Allah akan memenuhi hajat-hajat kita.

Demikian 11 keutamaan sholawat Nabi Muhammad SAW yang dapat Bunda ajarkan kepada Si Kecil sejak dini, Bunda. 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!