sign up SIGN UP search

parenting

Ajarkan Anak Bacaan Sholawat Jibril Pendek & Panjang hiingga Manfaat Membacanya

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 20:11 WIB
Children learning muslim praying with adult woman. Mengajari anak shalawat Jibril/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PrathanChorruangsak
Jakarta -

Terdapat banyak amalan yang dapat diajarkan pada anak-anak sejak kecil. Salah satunya dengan bershalawat. Shalawat ada banyak macamnya, termasuk di antaranya shalawat Jibril yang dipercaya bisa mendatangkan banyak kebaikan.

Mungkin Bunda sudah sering mengamalkannya atau mungkin baru pernah mendengarnya? Shalawat ini termasuk amalan sunnah yang bisa mendatangkan rezeki.

Apa itu shalawat Jibril? Apa bacaannya? Apa saja keutamaan dan manfaatnya? Lebih lengkapnya, simak di bawah ini!


Pengertian shalawat Jibril

Shalawat Jibril merupakan shalawat yang diijazahkan banyak ulama. Shalawat ini memiliki keutamaan dan banyak manfaat yang didapat bila mengamalkannya. Namun, sebelum membahas lebih jauh, mungkin Bunda belum tahu alasan mengapa diberi nama shalawat Jibril?

Mengutip buku The Miracle of Shalawat, Rahasia Keajaiban Shalawat untuk Keselamatan, Kesuksesan, dan Kebahagiaan Dunia Akhirat karya Junaidi Ahmad, Kiai Kholil Bisri yang turut memberikan ijazah shalawat ini menceritakan, ketika Allah menciptakan Siti Hawa, Allah memberi rasa ketertarikan kepada Nabi Adam terhadap Hawa. Namun, ketika Nabi Adam AS hendak mendekati, Allah melarang karena beliau belum memberikan mahar pada Hawa.

Maharnya tiada lain adalah bacaan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Padahal, pada saat itu, wujud fisik Nabi Muhammad SAW belum diciptakan. Malaikat Jibril AS diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengajarkan bacaan shalawat itu kepada Nabi Adam AS. Oleh karena itulah shalawat ini dinamakan shalawat Jibril, Bunda.

Keutamaan dan Manfaat Membaca shalawat Jibril

Membaca shalawat artinya mendoakan, memuji, serta memohon berkah kepada Allah SWT untuk Rasulullah SAW. Sebagaimana Allah SWT telah berfirman lewat QS al-Ahzab ayat 56:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (QS al-Ahzab 33:56)

Ada pun keutamaan dan manfaat yang didapat dari membaca shalawat Jibril sangat istimewa, Bunda. Berikut keutamaan dan manfaatnya:

  1. Memudahkan dalam mencari rezeki
  2. Mendapat lindungan dari Allah SWT
  3. Mendapat pertolongan dari Allah SWT
  4. Memperoleh pertolongan di hari kiamat
  5. Memperoleh salam kebahagiaan dari Rasulullah
  6. Membukakan 70 pintu rahmat
  7. Diampuni dosa-dosa
  8. Dilancarkan segala urusan dan hajat
  9. Memperoleh keberkahan

shalawat Jibril versi Pendek

Bacaan shalawat Jibril sangat singkat. Namun, untuk Bunda ketahui, terdapat versi pendek dan panjang. Berikut versi pendek shalawat Jibril lengkap dengan Arab dan Latin, dikutip dari detikcom:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

shalawat Jibril Versi Panjang

Berikut shalawat Jibril versi panjang:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَنْتَ شَمْسٌ أَنْتَ بَدْرٌ

أَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرِ

أَنْتَ إِكْسِيْرٌ وَغَالِي

أَنْتَ مِصْبَاحُ الصُّدُوْرِ

يَاحَبِيْبِى يَامُحَمَّدْ

يَاعَرُوْسَ الْخَافِقَيْنِ

يَامُؤَيَّدْ يَامُمَجَّدْ

يَاإِمَامَ الْقِبْلَتَيْنِ

Shallallahu 'Ala Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam. Anta Syamsun Anta Badrun. Anta nurun fauqo nurin. Anta iksiirun wa ghoolii. Anta mishbaahush-shuduuri. Ya habiibii Ya Muhammad. Ya 'Aruusal-khoofiqoini. Ya Mu-ayyad ya Mumajjad. Ya Imaamal Qiblataini.

Artinya:

"Semoga Allah melimpahkan shalawat atas Muhammad, shalawat atas keluarga serta keselamatan atasnya. Engkau bagai matahari, engkau bagai bulan purnama. Engkau cahaya di atas cahaya. Engkau bagaikan emas murni yang mahal harganya. Engkaulah pelita hati. Wahai kekasihku, wahai Muhammad. Wahai pengantin tanah timur dan barat (sedunia). Wahai Nabi yang dikuatkan (dengan wahyu). Wahai Nabi yang diagungkan, wahai imam dua arah kiblat."

Doa Pelengkap shalawat Jibril

Setelah mendawamkan shalawat Jibril, ada baiknya dilanjutkan dengan bacaan doa pelengkap memohon rezeki, Bunda. Ada pun bunyi bacaan doanya adalah sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim, allahumma a'thinii tsawaaba shollallahu 'Alaa Muhammad an tarzuqonii syai'an asta 'iinu bihi 'alath-thoo 'ah subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yashifuun wasalaamun 'alal mursaliin walhamdulillahi robbil 'aalamiin

Artinya:

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah datangkanlah padaku pahala shollalahu 'Ala Muhammad, berilah rejeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam."

Cara Mengamalkan shalawat Jibril

Mengutip buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat karya M Syukron Maksum dan A. Fathoni el-Kaysi , cara mengamalkan shalawat Jibril yang diijazahkan oleh Habib Umar bin Hafidz, Yaman adalah sebagai berikut:

  1. Membaca istighfar 100 kali
  2. Membaca shalawat Jibril 500 kali pada waktu pagi dan petang

Semoga informasi mengenai pengertian shalawat Jibril, bacaan dari Arab dan Latin hingga doa serta caranya membawa manfaat untuk Bunda, anak-anak, dan keluarga di rumah.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak informasi mengenai aqiqah dan ajaran islam untuk anak lainnya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!