sign up SIGN UP search


parenting

Bacaan dan Keutamaan Sholawat Nariyah yang Bisa Bunda Ajarkan ke Anak

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 06 Jan 2022 18:36 WIB
Anak muslim Ilustrasi Anak Belajar Sholawat Nariyah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/BongkarnThanyakij
Jakarta -

Anak perlu dikenalkan berbagai macam ibadah dalam Islam sejak dini ya, Bunda. Salah satunya adalah membaca sholawat Nariyah.

Membaca sholawat ini bisa menjadi cara Si Kecil menyatakan rasa cintanya pada Nabi Muhammad SAW. Bacaan sholawat Nariyah sendiri memiliki keutamaan atau manfaat untuk anak.

Sholawat menjadi salah satu bentuk ibadah yang memiliki makna indah. Aprilia Tika dalam buku The Amazing Shalawat: 101 Kekuatan & Manfaat Shalawat menjelaskan, sholawat atau shalawat berasal dari Bahasa Arab, yaitu bentuk jamak untuk kata shalla atau ash-shalayu yang berarti doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah.


"Adapun sholawat yang diartikan sebagai doa ialah permohonan, baik itu untuk diri sendiri, maupun orang lain. Sedangkan sholawat sebagai ibadah ialah pernyataan hamba atas tunduk kepada Allah SWT dan mengharapkan pahala dari-Nya," tulis Aprilia dalam bukunya.

Ini sebagaimana yang telah dijanjikan Nabi Muhammad SAW, bahwa orang yang bersholawat kepadanya akan mendapatkan pahala yang besar, baik itu berbentuk lisan maupun tulisan. Hal ini diriwayatkan dalam sebuah hadist dari Abdullah bin Amr bin Ash RA, bahwa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa bersholawat kepadaku sekali, Allah memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim)

Kata sholawat juga terdapat dalam Al-Qur'an lho, Bunda. Salah satunya seperi:

"Mereka itulah yang mendapat sholawat (keberkahan yang sempurna) dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al-Baqarah: 157)

Pada ayat di atas dijelaskan bahwa Allah pun bersholawat kepada orang-orang sabar ketika ditimpa musibah. Tetapi, maknanya adalah memberikan keberkahan, rahmat, atau kasih sayang.

"Makna sholawat itu tidak hanya terpaku pada satu arti kata, tetapi tergantung pada konteks kalimat tersebut," ujar Aprilia.

Sholawat memang tidak hanya dilakukan oleh umat manusia, Bunda. Menurut Ibnu Watiniyah dalam buku Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap, Allah SWT dan para malaikat juga bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." QS. Al-Ahzab [33]: 56)

Cara Allah SWT dan para malaikat bersholawat kepada Nabi Muhammad tidak bisa disamakan dengan umat manusia ya. Caranya sangat berbeda, Bunda.

"Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad dengan menurunkan rahmat-Nya. Adapun para malaikat bersholawat dengan cara memohon ampunan dan memberi penghormatan untuk Nabi Muhammad," kata Ibnu Watiniyah.

A Muslim young man is putting both palms together (Muslim way of praying) at home in Malaysia. He is wearing 'baju Melayu', a traditional Muslim menswear.Ilustrasi Anak Berdoa/ Foto: iStock

Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah adalah salah satu jenis sholawat, Bunda. Dalam buku Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW oleh Ustadz M. Kamaluddin S.Pd. I. MM, sholawat Nariyah adalah sebuah sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah.

Syekh Nariyah hidup di zaman Nabi Muhammad SAW dan termasuk ke dalam salah satu sahabat Nabi. Syekh Nariyah selalu melihat kerja keras Nabi dalam menyampaikan wahyu Allah dan mengajarkan Islam, amal saleh, dan akhlaqul karimah, sehingga Syekh selalu selalu berdoa kepada Allah untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk nabi.

Doa-doa inilah yang disebut sholawat nariyah, Bunda. Suatu malam Syekh Nariyah membaca sholawat ini sebanyak 4444 kali dan setelah membacanya, ia mendapat karomah dari Allah SWT.

Bacaan sholawat Nariyah

Berikut ini bacaan sholawat Nariyah yang bisa diajarkan ke anak:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

(Allahumma sholli sholatan kamilatan wa sallim salaaman taamman 'ala sayyidinaa Muhammadin alladz tanhallu bihil 'uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaaiju wa tunaalu bhir raghaa'ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa 'alaa aalih, wa shahbih fii kullii lanhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka)

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Keutamaan membaca sholawat Nariyah

Ibnu Watiniyah mengatakan dalam bukunya, keutamaan membaca sholawat Nariyah adalah doa dan hajatnya dengan mudah dan cepat bisa dikabulkan. Selain itu, membawa sholawat ini juga bisa melancarkan rezeki dan terhindar dari segala kejahatan, serta dijaga dari musibah dan malapetaka.

Menurut Imam Al-Qurthubi, keutamaan membaca sholawat Nariyah, yakni Allah SWT akan:

  1. Melepaskan kedukaan, kebimbangan, dan kesusahan
  2. Menghilangkan segala bahaya
  3. Memudahkan rezeki
  4. Membuka pintu kebajikan
  5. Setiap katanya dituruti
  6. Diamankan dari bencana setiap waktu dan dari kelaparan serta kefakiran
  7. Dicintai semua manusia
  8. Dikabulkan permintaannya

Sementara itu, menurut Imam As-Sanusi, siapa yang membaca sholawat Nariyah, seakan-akan rezekinya turun langsung dari langit dan dikeluarkan oleh bumi.

Simak juga 4 sifat Nabi Muhammad yang bisa dikenalkan ke anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!