sign up SIGN UP search


parenting

Hari Kesaktian Pancasila, Ini 3 Cara Kenalkan Anak dengan Dasar Negara Indonesia

Annisa Karnesyia Jumat, 01 Oct 2021 11:20 WIB
Pancasila caption
Jakarta -

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Sejak Sekolah Dasar (SD), anak-anak telah belajar mengenal Pancasila dari materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bunda.

Selain dari sekolah, Bunda juga bisa memperkenalkan Pancasila ke anak melalui aktivitas sehari-hari lho. Melalui Pancasila, Si Kecil bisa mendapatkan manfaat untuk bersikap baik sesuai sila-sila di Pancasila.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari beberapa sumber, 3 cara mengenalkan anak dengan Pancasila:


1. Mengenalkan arti dan nilai-nilai Pancasila melalui penjelasan ringkas

Bagi anak yang masih kecil atau duduk di bangku SD, Bunda bisa menjelaskan dengan mudah Pancasila dengan memperlihatkan lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Selain ada semboyan Bhinneka Tunggal Ika, ada pula lima sila Pancasila di situ.

Sebelum menjelaskan setiap sila, pastikan Bunda menguraikan arti Pancasila ya. Melansir dari laman e-modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta.

Cara Bersihkan Kipas Angin

Pancasila terdiri atas dua suku kata, yakni panca dan sila. Panca artinya lima dan sila artinya dasar, sendi atau undur. Jadi, Pancasila berarti lima dasar, lima sendi, atau lima unsur.

"Pancasila adalah lima dasar, lima sendi, atau lima unsur yang dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian penjelasan di laman ini.

Setiap sila-sila Pancasila memiliki nilai ya, Bunda. Nilai-nilai yang terdapat dalam sila-sila Pancasila bersumber pada kepribadian bangsa Indonesia.

Pancasila yang terdiri dari lima sila antara sila yang satu dengan yang lainnya saling terkait dan saling berhubungan. Sila pertama berhubungan dengan sila kedua, ketiga, keempat dan kelima.

Perlu dipertegas ke Si Kecil, Pancasila adalah dasar negara. Artinya, Pancasila dijadikan pedoman semua peraturan di Indonesia termasuk perbuatan warganegara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila juga menjadi pandangan hidup bangsa, artinya dijadikan petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup berarti melaksanakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya.

Simak juga 50 nama bayi terinspirasi pahlawan kemerdekaan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGENALKAN PANCASILA KE ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!