sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, 8 Langkah Mudah Cek Penerima BLT Anak Sekolah 2021

Annisa Karnesyia Jumat, 01 Oct 2021 18:58 WIB
Anak sekolah caption
Jakarta -

Anak sekolah dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) kini bisa mendapatkan Batuan Langsung Tunai (BLT), Bunda. BLT Anak Sekolah ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) lho.

Melansir dari laman Kemensos, PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Selain untuk anak sekolah, PKH juga memberikan BLT untuk ibu hamil/nifas dan lanjut usia.

Berikut rincian program PKH untuk BLT Anak Sekolah:


  • Anak SD/Sederajat: Rp900.000
  • Anak SMP/Sederajat: Rp1.500.000
  • Anak SMA/Sederajat: Rp2.000.000
Banner Pria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji BesarFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Bantuan langsung tunai akan disalurkan sebanyak empat kali pencairan melalui empat Bank, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Mandiri. Adapun syarat penerima BLT Anak Sekolah 2021 pada laman cek.bansos.kemensos.go.id adalah sebagai berikut.

  1. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Harus terdaftar di lembaga formal dan nonformal, sesuai dengan daerah masing-masing
  3. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan
  4. Keluarga yang tidak mempunyai KIP, tetap bisa mendapat BLT. Caranya dengan mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke dinas pendidikan terdekat
  5. Untuk siswa yang tidak memiliki KKS, maka orang tuanya dapat meminta surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari RT/RW serta kelurahan agar bisa mendaftar ke dinas pendidikan.

Setelah memenuhi syarat pastikan juga siswa sudah terdaftar sebagai penerima BLT Anak Sekolah 2021. Apabila belum terdaftar bisa mendaftar dengan cara:

  • Mendaftar ke desa/kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK
  • Setelah data sampai ke tahap pre-list akhir dan ditandatangani oleh kepala desa/lurah kemudian diverifikasi oleh dinas sosial menggunakan instrumen lengkap DTKS serta melalui kunjungan
  • Data yang sudah diverifikasi dan divalidasi ini kemudian dicatat dalam sistem informasi kesejahteraan sosial (SIKS) oleh operator desa/kecamatan lalu dilaporkan pada bupati/wali kota
  • Wali kota memberikan data tersebut yang telah disahkan pada gubernur untuk diteruskan pada menteri.
  • Data penerima PKH ini kemudian dapat dilihat melalui dtks.kemensos.go.id dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK).

Lalu bagaimana cara cek data penerima BLT anak sekolah 2021?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga cara cek sendiri status atau masa aktif BPJS Kesehatan, dalam video berikut: 

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/fir)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!